Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Jenderal Andika Perkasa Mutasi Puluhan Jenderal di Badan Intelijen Negara

Selasa 28 Jun 2022 13:05 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Logo Badan Intelijen Negara (BIN) di lokasi vaksinasi massal (ilustrasi).

Logo Badan Intelijen Negara (BIN) di lokasi vaksinasi massal (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Siswowidodo
Puluhan perwira tinggi TNI tiga matra di BIN terkena mutasi dan mendapat promosi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi dan promosi di 180 jabatan di lingkungan TNI tiga matra. Salah satu mutasi dan promosi besar-besaran yang dilakukan Andika adalah penempatan personel di Badan Intelijen Negara (BIN).

Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor: Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia," demikian surat mutasi yang ditanda tangani Jenderal Andika dikutip Republika di Jakarta pada Senin (27/6/2022). 

Baca: Anies Tutup Semua Outlet Holywings, Gus Nadir: Tambah Pengangguran

Terdapat puluhan personel TNI yang ditempatkan di BIN yang terkena pergeseran posisi dan juga mendapatkan promosi. Di antara yang terkena mutasi dan promosi adalah Brigjen Purwito Hadi Wardhono dari Kepala Staf Kodam (Kasdam) I/Bukit Barisan menjadi Kepala BIN Daerah (Kabinda) DKI Jakarta.

Kabinda Kalimantan Timur Brigjen Danni Koswara digeser menjadi agen intelijen Ahli Madya Direktorat Sumatra dan Kalimantan (Kaltim) BIN dan Direktur Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN Brigjen Hardani Lukitanta Adi digeser menjadi Kabinda Kaltim.

Kabinda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen Adrianus Suryo Agung Nugroho promosi menjadi Direktur Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri, Kabag Operasi Binda Jawa Barat Kolonel Agustinus Eko Mulyadi promosi menjadi Kabinda NTT, serta Kabinda Jawa Timur Marsma Rudy Iskandar promosi menjabat Direktur Sumatra dan Kalimantan Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Kabinda Papua Barat Brigjen Vincentius Satiawan Bayu diegser menjadi agen intelijen Ahli Madya Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN, Kasubdit Maluku Utara Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN jadi Kabinda Papua Barat, dan Kabinda Maluku Utara menjadi agen intelijen Ahli Madya Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Baca: Direktur Pertahanan dan Dubes Siber Inggris Bertemu Prabowo dan Andika

Kabinda Riau Brigjen Amino Setya Budi digeser menjabat agen intelijen Ahli Madya Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam negeri BIN, Kabinda Sulawesi Tengah Brigjen Andi Chandra As'aduddin dimutasi menjabat agen intelijen Ahli Madya Direktorat Maluku dan Papua Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

berikutnya, Kabinda Sulawesi Utara Laksma Adriansyah digeser menjadi Kabinda Kepulauan Riau, Direktur Rekayasa Deputi Bidang Intelijen Teknologi BIN Brigjen I Gusti Agung A Winatha digeser menjabat agen intelijen Ahli Madya Direktorat Kontra Separatisme dan Konflik Deputi Bidang Kontra Intelijen BIN, Kabinda Jawa Tengah (Jateng) Brigjen Sondi Siswanto dimutasi menjadi agen intelijen Ahli Madya Direktorat Sulawesi dan Nusa Tenggara Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Ada pula Kabinda Kalimantan Utara Brigjen Sulaiman promosi menduduki Kabinda Jateng, Kabinda Jawa Barat Brigjen Dedy Agus Purwanto promosi menjabat Direktur Sulawesi dan Nusa Tenggara Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN.

Mutasi juga menimpa Wakil Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Wadanpusperbad) Brigjen Gathur Setyo Utomo yang akan menduduki Kepala Biro Humas Settama Lemhannas. Adapun Brigjen A Yudi Hartono akan bertukar posisi dengan Brigjen Gathur.

Baca: Andi Minta Lemhannas Buat Kajian yang Sesuai Kebutuhan Presiden

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA