Selasa 28 Jun 2022 11:14 WIB

Google Hangouts akan Ditutup November Mendatang

Google akan secara otomatis mentransfer percakapan yang ada ke Chat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Google Hangouts
Foto: The Verge
Google Hangouts

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Hangout akan mulai ditutup pada bulan November. Google kini memulai proses migrasi pengguna Hangouts pribadi gratis ke Chat. Sebelumnya, Google menghentikan pengguna Google Hangouts for Workspace pada Februari.

Dalam pengumuman yang diposting ke blognya, Google mengatakan orang yang masih menggunakan aplikasi seluler Hangouts akan melihat permintaan untuk pindah ke Chat. Adapun pengguna yang menggunakan Hangouts di Gmail di web, Google mengatakan tidak akan mulai meminta pengguna untuk beralih ke Chat hingga Juli.

Baca Juga

Hangouts akan tetap dapat digunakan di situs desktopnya hingga November, dan Google mengatakan akan memperingatkan pengguna setidaknya satu bulan sebelumnya sebelum mulai mengarahkan situs Hangouts ke Chat.

Dilansir dari The Verge, Selasa (28/6/2022), Google Chat tidak sama dengan GChat (atau Google Talk), yang dihentikan Google untuk selamanya awal bulan ini. (Hangouts awalnya direncanakan menjadi penerus Gchat). Perusahaan pertama kali mengisyaratkan rencananya untuk mentransisikan pengguna dari Hangouts ke Chat pada 2018 dan menjadikan fitur ini gratis untuk semua pengguna pada 2020.

Jika Anda masih menggunakan Hangouts, Google akan secara otomatis mentransfer percakapan yang ada ke Chat. Perusahaan juga memberi Anda opsi untuk menggunakan layanan Takeout-nya untuk mengunduh salinan data Hangouts Anda sebelum secara resmi dihentikan pada November mendatang.

Untuk menarik pengguna agar beralih ke Chat, Google mengatakan sedang meluncurkan beberapa fitur baru, termasuk kemampuan untuk melakukan panggilan langsung, membuat utas sebaris di Spaces (pengubahan citra dari Rooms), serta berbagi dan melihat banyak gambar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement