Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Bank Aladin Fasilitasi Setor dan Tarik Tunai di 17 Ribu Gerai Alfamart

Selasa 28 Jun 2022 09:30 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya

Logo Bank Aladin Syariah. PT Bank Aladin Syariah Tbk berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Melalui kerja sama ini, nasabah bank akan dapat melakukan transaksi tarik dan setor uang tunai, baik dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit.

Logo Bank Aladin Syariah. PT Bank Aladin Syariah Tbk berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Melalui kerja sama ini, nasabah bank akan dapat melakukan transaksi tarik dan setor uang tunai, baik dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit.

Foto: wikimedia.org
Alfamart dapat berkontribusi dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Aladin Syariah Tbk berkolaborasi dengan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Melalui kerja sama ini, nasabah bank akan dapat melakukan transaksi tarik dan setor uang tunai, baik dari dan ke rekening Bank Aladin tanpa menggunakan kartu debit.

Presiden Direktur Bank Aladin Dyota Marsudi mengatakan fitur ini dinilai penting karena tingkat penetrasi internet sebesar 73,7 persen dari total penduduk pada awal 2022. Namun sebagai negara dengan pengguna internet lebih dari 200 juta orang, populasi underbanked Indonesia berada di peringkat ketiga terbesar di dunia.

Baca Juga

Artinya, Dyota menjelaskan ada lebih dari 77 persen masyarakat dewasa di Indonesia belum memiliki atau memiliki keterbatasan akses finansial. Maka dari itu, fitur tarik-setor tunai ini diyakini akan sangat membantu segmen yang perseroan targetkan, yakni underbanked dan unbanked.

“Kolaborasi dari Aladin Bank dan Alfamart memungkinkan edukasi keuangan dan pembangunan infrastruktur pendukung terjadi melalui ketersediaan akses perbankan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tulis, Selasa (28/6/2022).

Selain itu, lanjutnya, Indonesia juga menjadi negara pemegang aset keuangan syariah terbesar kesembilan di dunia. Namun, hingga akhir 2020 penetrasi perbankan syariah di Indonesia masih tertahan di angka 6,5 persen dibandingkan perbankan konvensional.

“Melihat peluang pasar digital dan syariah di Indonesia yang begitu besar, namun masih underpenetrated dalam layanan keuangan tersebut, Aladin Bank bersama Alfamart terpacu untuk menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat mempermudah masyarakat untuk merasakan manfaat layanan perbankan syariah,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Marketing Alfamart Ryan Alfons Kaloh menyampaikan Alfamart dan Bank Aladin memiliki kesamaan visi untuk bisa lebih baik dalam pelayanan. “Konsumen kami dapat menikmati pengalaman yang unik dan baru di toko dengan layanan perbankan yang ditawarkan pihak Aladin. Ini sangat relevan dengan kebutuhan keuangan konsumen Alfamart, terutama konsumen milenial kami yang sudah akrab dengan teknologi digital,” ucapnya.

Maka demikian, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan value added tersendiri bagi Alfamart dapat berkontribusi dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA