Selasa 28 Jun 2022 05:10 WIB

Pemkot Cirebon Tetapkan 5 Kelurahan Pilot Project Bersinar BNN

Program Bersinar merupakan kerja sama Pemkot dan BNN Kota Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
BNN Kota Cirebon menggelar razia. Pemkot Cirebon menetapkan lima kelurahan menjadi pilot project program bersih narkoba (Bersinar). Sinergitas semua pihak dibutuhkan untuk menghentikan praktik kejahatan peredaran narkotika.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
BNN Kota Cirebon menggelar razia. Pemkot Cirebon menetapkan lima kelurahan menjadi pilot project program bersih narkoba (Bersinar). Sinergitas semua pihak dibutuhkan untuk menghentikan praktik kejahatan peredaran narkotika.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemkot Cirebon menetapkan lima kelurahan menjadi pilot project program bersih narkoba (Bersinar). Sinergitas semua pihak dibutuhkan untuk menghentikan praktik kejahatan peredaran narkotika.

Adapun lima kelurahan tersebut adalah Pulasaren, Pegambiran, Karyamulya, Kesenden dan Larangan. Program Bersinar merupakan kerja sama antara Pemda Kota Cirebon dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cirebon. Terutama dalam hal pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotika.

Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, mengakui, di wilayah Kota Cirebon terdapat beberapa titik yang menjadi simpul peredaran narkotika.

"Kami sadar bahwa untuk penyelesaian persoalan narkotika ini perlu ada kerja sama. Karena tidak sedikit orang datang ke Kota Cirebon yang merupakan daerah penyangga," kata Eti, saat ditemui di ruang Adipura Kencana Balai Kota Cirebon, Senin (27/6).

Eti menjelaskan, saat ini cara peredaran narkotika selalu berubah. Salah satunya memanfaatkan orang yang dianggap tidak dicurigai untuk dijadikan kurir narkotika. "Salah satu cara jahat pengedar adalah memanfaatkan anak-anak dan ibu-ibu untuk dijadikan kurir dalam peredaran narkotika," cetus Eti.

Untuk itu, Eti meminta agar seluruh elemen, baik pemerintahan maupun masyarakat perlu bersinergi. Hilangkan ego sektoral untuk menghentikan praktik kejahatan peredaran narkotika.

"Semoga lima keluarahan yang ditetapkan ini bisa membuktikan secara nyata dalam pelaksanaan pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotika," tukas Eti.

Sementara itu, Kepala BNN Kota Cirebon, Kombes Pol Andriansah, menjelaskan, wilayah kerja BNN Kota Cirebon mencakup tiga daerah. Yakni, Kota/Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu.

"Tapi kami saat ini fokus dulu di Kota Cirebon, tanpa mengenyampingkan tugas di wilayah lain. Karena kita ingin pilot project lima kelurahan ini berhasil dan bisa menjadi contoh untuk wilayah lainnya," kata Andriansah.

Andriansah menyatakan, saat ini tugas BNN sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) 2/2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika.

"Meski sudah ada instruksi, namun kami upayakan agar ada peraturan daerah yang khusus untuk pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotika, agar bisa melangkah lebih maju," tandas Andriansah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement