Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Apakah Vaksin Cacar Air Efektif untuk Lawan Cacar Monyet?

Senin 27 Jun 2022 19:14 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Reiny Dwinanda

Vaksin cacar air (Ilustrasi). Termasuk dalam kelompok penyakit akibat virus cacar, infeksi cacar monyet (monkeypox) juga bisa dihindari dengan pemberian vaksin cacar air.

Vaksin cacar air (Ilustrasi). Termasuk dalam kelompok penyakit akibat virus cacar, infeksi cacar monyet (monkeypox) juga bisa dihindari dengan pemberian vaksin cacar air.

Foto: Pixabay.
Kasus cacar monyet sudah ditemukan di 50 negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan kasus cacar monyet sudah ditemukan di 50 negara, namun belum bisa dianggap sebagai darurat kesehatan global. Lalu, apakah betul vaksinasi cacar air yang sudah dilakukan sejak lama di Indonesia juga memiliki manfaat untuk meringkankan gejala infeksi virus cacar monyet (monkeypox)?

"Sebenarnya, kelompok penyakit ini masuk dalam virus cacar, maka vaksin tetap bermanfaat," kata dokter spesialis kulit kelamin dari Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Ni Luh Putu Pitawati, saat mengisi konferensi virtual, Senin (27/6/2022).

Baca Juga

Dr Putu menjelaskan, vaksin cacar juga bermanfaat membuat kondisi jadi tidak lebih berat jika terpapar virus monkeypox. Artinya, kalaupun terinfeksi cacar monyet maka gejalanya lebih ringan.

Lebih lanjut, dr Putu mengingatkan, belum ada terapi spesifik yang diberikan untuk pengobatan cacar monyet. Pengobatan bersifat untuk meringankan gejala dan sifatnya mendukung, misalnya kondisi tubuh melemah maka penderita perlu istirahat cukup dan kalau demam diberikan antidemam.

"Sebenarnya, penyakit ini bisa sembuh sendiri bila kondisi sistem imun tubuh kuat untuk melawan virus," ujarnya.

 

photo
Asal usul cacar monyet. - (Republika)

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dr Putu mengatakan, penderita bisa melakukan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan yang bergizi cukup dan sehat, kemudian memperbanyak minum yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalau imunitas tubuh meningkat maka bisa tubuh bisa lebih baik dalam menyembuhkan infeksi. 

Dr Putu mengingatkan, sebenarnya mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi, belum ada terapi spesifik untuk virus cacar monyet.

"Jadi, sebaiknya fokus pada mencegah, yaitu dengan menghindari kontak erat dengan hewan liar yang kemungkinan terkonfirmasi mengalami infeksi cacar monyet," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA