Senin 27 Jun 2022 19:19 WIB

ISYEF Gandeng BSI Hadirkan ATM Beras di Masjid Darul Muttaqien

Masjid Darul Muttaqien, Makassar dijadikan sebagai lokasi pilot project atm beras.

ATM Beras ilustrasi
Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
ATM Beras ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Indonesian Islamic Youth Economic Forum (ISYEF) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI) menghadirkan ATM Beras di Masjid Darul Muttaqien, Makassar untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai pusat kebangkitan ekonomi umat.Masjid Darul Muttaqien, Makassar dijadikan sebagai lokasi pilot project program-program ISYEF Sulsel di bawah komando dr Fadli Ananda SpOg MKes selaku Ketua ISYEF Sulsel.

"ATM Beras ini untuk kaum dhuafa. Masjid ini juga ada layanan sampah ditukar beras, sehingga kebersihan masjid akan ikut terjaga dari sampah-sampah plastik," kata dr Fadli, di sela peresmian Klinik Kesehatan Serambi Masjid dan ATM Beras, di Masjid Darul Muttaqien, Makassar, Ahad (27/6/2022)

Baca Juga

Fadli Ananda berharap, melalui kolaborasi dengan sejumlah stakeholder, di antaranya Bank Syariah Indonesia dan sejumlah komunitas anak muda, semakin banyak masjid yang bisa seperti Masjid Darul Muttaqien.Sebab selain menghadirkan ATM beras, dr Fadli juga manyatakan, pihaknya menghadirkan Klinik Kesehatan Serambi Masjid.

Sebuah ruangan di lantai dua masjid yang disulap menjadi klinik, siap memberikan pelayanan kesehatan bagi jamaah dan warga sekitar masjid.Klinik ini dinilai sudah standar poliklinik, terdapat dokter dan perawat yang bertugas. Untuk tahap awal, klinik serambi masjid buka setiap hari Minggu."Untuk penyakit ringan, insya Allah bisa diobati di sini, dan kalau berat akan dirujuk ke rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan ISYEF. Salah satunya RSIAAnanda," ujarnya pula.

Sebelumnya terdapat inovasi ISYEF Point merupakan inovasi pertama yang dihadirkan di kawasan masjid ini. ISYEF Point merupakan pusat tongkrongan anak muda, yang dikelola langsung oleh komunitas masjid Darul Muttaqien. Sebagian keuntungan dari hasil penjualan makanan dan minuman di ISYEF Point, didonasikan untuk masjid.

Irwan Jufri dari URO8 (Unit Representative Office BSMU) berharap masjid ini menjadi percontohan solusi problematika umat, denganISYEF Sulsel menghadirkan Klinik Kesehatan, ATM Beras, dan sejumlah program lainnya.

"Kolaborasi ini memberikan kesempatan yang besar bagi masjid untuk berbagi kebaikan," kata Irwan.

Mewakili BSI, Teguh Prasetya menyampaikan apresiasinya terhadap ISYEF Sulsel. Teguh mengatakan BSI siap mendukung ISYEF dalam berbagi kebaikan, khususnya dalam pemberdayaan umat.

"Jika semua mau turun tangan, maka ekonomi umat akan semakin kuat," kata Teguh.

Selain peresmian Klinik Kesehatan dan ATM Beras, juga dilakukan sunatan massal pada 100 orang anak. Juga akan dilanjutkan dengan Ngaji Bareng dan Sharing Tetap Sehat Selama Idul Kurban, bersama Ust Prof dr Veni Hadju Msc PhD Sp GK.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement