Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Hal-Hal Keren yang Diciptakan oleh Anak-Anak

Senin 27 Jun 2022 16:34 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih

Swim fins, alat bantu renang ini awalnya ditemukan oleh  Benjamin Franklin saat masih anak-anak.

Swim fins, alat bantu renang ini awalnya ditemukan oleh Benjamin Franklin saat masih anak-anak.

Foto: getty images
Banyak penemuan yang dilakukan secara tidak sengaja oleh anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang bisa menjadi penemu. Tak terkecuali anak-anak. Banyak sekali hal keren yang ternyata diciptakan oleh anak-anak. Berikut ini ulasannya:

 

Baca Juga

Superman

The Man of Steel pertama kali dibayangkan oleh sepasang remaja berusia 17 tahun bernama Jerry Siegel dan Joe Shuster pada 1933. The Man of Steel muncul pertama kali dalam komik pada 1938. Dilansir dari Reader’s Digest, Rabu (15/6) beberapa sejarawan buku komik percaya bahwa asal-usul ide tersebut berasal dari kematian ayah Siegel, Mitchell, dalam perampokan bersenjata di tokonya.

Es loli 

Seperti banyak makanan yang luar biasa, es loli  dibuat secara tidak sengaja. Frank Epperson yang berusia 11 tahun secara tidak sengaja meninggalkan cangkir berisi bubuk soda, air, dan tongkat pengaduk di terasnya semalaman.

Tempat cangkir itu membeku-dan makanan penutup lezat pun lahir. Hampir 20 tahun setelah penemuannya yang tidak disengaja pada 1905, dia mulai menjual makanan manisnya.

Sekarang, dua miliar es loli dikonsumsi setiap tahun. Faktanya, popsicles adalah salah satu item yang nama mereknya telah menjadi identik dengan benda itu sendiri. Kita menyebut semua es loli beku sebagai “Popsicles”, meskipun “Popsicle” adalah merek tertentu.

Hot Seat

Alissa Chavez kesal dengan kisah anak-anak yang meninggal ketika mereka secara tidak sengaja ditinggalkan di dalam mobil yang panas. Dia ingin melakukan sesuatu untuk membantu mencegahnya. Pada 2014, di usia 14 tahun, Chavez mendapat ide tentang Hot Seat, alas duduk kecil dengan sensor yang ditempatkan di kursi mobil dan terhubung ke ponsel cerdas orang tua.

Jika alas duduk merasakan bahwa ponsel cerdas telah bergerak lebih dari 20 kaki atau 6,096 meter dari mobil dengan bayi masih di kursi, perangkat itu akan membunyikan alarm.

Televisi awal

Salah satu pelopor yang membantu menghadirkan teknologi yang mengubah hidup ini baru berusia 15 tahun ketika dia pertama memimpikannya. Philo T. Farnsworth menciptakan diagram untuk sistem televisi elektronik pada 1921, dan mengirimkan gambar pertamanya enam tahun kemudian.

Ski air

Pada usia 18 tahun, Ralph Samuelson ingin menggabungkan semangatnya untuk bermain ski salju dengan kecintaannya pada air dan aquaplaning. Pada 1922, Samuelson membuat ski air pertamanya dari potongan kayu dengan melunakkan ujungnya dan menekuknya.

 

Snowmobiles

Joseph-Armand Bombardier yang berusia 15 tahun mengikatkan mesin mobil ke empat pelari ski dan baling-baling untuk menciptakan kendaraan musim dingin pertama yang menyenangkan ini pada 1922. Dia mengotak-atiknya selama bertahun-tahun, sebelum merilis Ski-Doo yang sangat populer.

Swim fins

Penemu terkenal dan bapak bangsa Amerika Serikat (AS) Benjamin Franklin baru berusia 11 tahun ketika dia membuat sirip untuk memudahkan berenang. Namun, tidak seperti sirip karet di kaki perenang saat ini, penemuannya pada 1717 adalah dayung keras yang melekat pada tangan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA