Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

Mahaka Media Bukukan Pendapatan Rp 168,7 Miliar Sepanjang 2021

Senin 27 Jun 2022 16:18 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi

Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk Tubagus Farash Farich memberikan paparan saat Public Expose usai menggelar RUPS Tahunan di Jakarta, Senin (27/6/2022). PT Mahaka Media Tbk (ABBA) membukukan pendapatan sebesar Rp 168,7 miliar sepanjang 2021.

Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk Tubagus Farash Farich memberikan paparan saat Public Expose usai menggelar RUPS Tahunan di Jakarta, Senin (27/6/2022). PT Mahaka Media Tbk (ABBA) membukukan pendapatan sebesar Rp 168,7 miliar sepanjang 2021.

Foto: Prayogi/Republika.
Net profit perseroan sepanjang tahun lalu juga membaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Mahaka Media Tbk (ABBA) membukukan pendapatan sebesar Rp 168,7 miliar sepanjang 2021. Perolehan tersebut meningkat 6,4 persen dibandingkan tahun 2020 yang tercatat sebesar Rp 158,6 miliar. 

Kontribusi terbesar pendapatan ditopang oleh segmen iklan yang mencapai Rp 95,3 miliar atau 56,5 persen dari total pendapatan konsolidasi. Selanjutnya pendapatan segmen event berkontribusi sebesar Rp 39 miliar.

Baca Juga

Seiring meningkatnya total pendapatan, net profit perseroan sepanjang tahun lalu juga membaik. Perseroan mampu menekan kerugian pada 2020 yang tercatat sebesar Rp 58 miliar menjadi Rp 36 miliar pada 2021. 

Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk, Tubagus Farash Farich, berharap kinerja Perseroan akan terus membaik pada tahun ini. Menurut Farash, Perseroan saat ini masih berfokus meningkatkan pertumbuhan pendapatan. 

"Kita harapkan dengan naiknya topline pertumbuhan tahun ini juga lebih baik," kata Farash, Senin (27/6/2022). 

Selain pendapatan, Farash mengatakan, Perseroan saat ini juga fokus memperbaiki profitabilitas. Perseroan berharap dapat menekan kerugian dan menuju titik break event sehingga ke depannya dapat menargetkan pertumbuhan laba. 

Farash melihat kontribusi terbesar pendapatan pada tahun ini masih ditopang oleh segmen iklan. Namun dengan keberadaan brand baru Mahaka X, Farash berharap iklan-iklan yang bersifat digital dapat meningkat dan mendongkrak pendapatan. 

Komisaris Utama PT Mahaka Media Tbk, Mahendra Agakhan Thohir, mengakui beberapa unit usaha Perseroan saat ini memang fokus di media konvensional. Namun, semua unit bisnis tersebut akan didorong untuk menjadi lebih teknologi dan digital sehingga berkontribusi terhadap pendapatan. 

"Ke depan secara revenue streams kita bisa lihat bahwa online contribution dari revenue streams ini akan naik. Jadi kita tidak akan menghilangkan revenue streams kita sekarang tapi menambahkan," kata Mahendra.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA