Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

DPD PAN se-Provinsi Kalteng Usul Erick Thohir Jadi Capres 2024

Senin 27 Jun 2022 07:18 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kiri) menjawab pertanyaan awak media usai menghadiri Silaturahmi Akbar PAN di kantor DPP PAN, Jakarta, Ahad (5/6/2022).

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kiri) menjawab pertanyaan awak media usai menghadiri Silaturahmi Akbar PAN di kantor DPP PAN, Jakarta, Ahad (5/6/2022).

Foto: ANTARA/Dhemas Reviyanto
Di rakerda PAN, nama Erick Thohir mengalahkan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) dari 14 kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengusulkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon presiden (capres) 2024. Nama Erick mengungguli calon lainnnya.

"Sedangkan (Ketua Umum DPP PAN) Zulkifli Hasan sebagai calon wakil presiden (cawapres)," kata pimpinan sidang Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN se-Kalteng Ideham, didampingi Sekretaris H Ahmad Zahidi, di Kota Palangka Raya, Ahad (27/6/2022).

Ideham mengatakan, juga muncul nama Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, hingga Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil sebagai capres 2024 dalam rakerda. Hanya saja, kata dia, para peserta rakerda lebih banyak menginginkan Erick dan Zulkifli sebagai pasangan capres dan cawapres yang diusung PAN bersama koalisi pada 2024.

Baca: Beredar Dokumen Surat Tugas PBNU Tentang Sejarah Pendirian PKB

"Meskipun banyak yang mengusulkan dua nama tersebut, tetapi ada beberapa juga ada yang mengusulkan Anies Baswedan Gubernur DKI aktif dan Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia," ujar Ideham.

Dia menyatakan, nama capres dan cawapres 2024 yang diusulkan DPD PAN se-Kalteng nantinya  disampaikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Kalteng. Kemudian, nantinya juga  disampaikan DPW ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk dibahas lebih lanjut di tingkat nasional.

"DPP PAN minta usulan dari pengurus daerah terkait nama capres dan cawapres, sehingga kami pun mempersiapkan dan menyepakati nama yang telah disepakati sesuai dengan usulan dari akar rumput dalam menentukan capres dan cawapres 2024," ujar Ideham.

Dia menjelaskan, nama Erick muncul sebagai capres yang diusulkan DPD PAN se-Kalteng tentunya bukan tanpa alasan. Hal itu karena yang bersangkutan dinilai sangat merakyat dan juga dekat dengan kaum milenial.

"Selain itu pula,Erick Thohir memiliki kemampuan finansial dan juga kemampuan dalam memimpin yang sangat baik. Maka dari itu alasan-alasan inilah mengapa para DPD se-Kalteng mengusulkan beliau sebagai Capres 2024 mendatang," ucap Ideham.

Pada Rapat Kerja Wilayah DPD PAN Kalteng yang juga dilaksanakan di Kota Palangka Raya, muncul satu nama lagi yakni Ridwan Kamil.Sedangkan nama-nama yang diusulkan oleh DPD PAN se-Kalteng juga sudah disampaikan ke DPP, sehingga pusat akan meramu terkait usulan-usulan tersebut.

Baca: Pendiri Cyrus Network Pasang Alphard Baru Yakin Anies tak Dapat Tiket Pilpres 2024

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA