Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Dompet Dhuafa Jatim Salurkan 2.238 Ekor Hewan Qurban

Senin 27 Jun 2022 03:51 WIB

Rep: dadang kurnia/ Red: Hiru Muhammad

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa membagikan daging kurban untuk para penerima manfaat.

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa membagikan daging kurban untuk para penerima manfaat.

Foto: Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa Jatim merencanakan ada 16 titik daerah penyaluran daging kurban

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur menyiapkan hewan kurban setara 2.238 ekor domba atau kambing menyambut perayaan Idul Adha 1443 H. Pimpnan Dompet Dhuafa Jawa Timur, Kholid Abdillah menyatakan, dalam rangka menyiapkan hewan kurban yang sehat dan berkualitas, pihaknya menerapkan dua strategi. Mengingat perayaan Idul Adha tahun ini bertepatan dengan mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Strategi pertama, kata Kholid, Dompet Dhuafa memiliki kandang sentral sendiri yang dalam hal ini terkelola dalam sebuah program bernama Sentra Ternak Dompet Dhuafa Farm. Sentra Ternak Dompet Dhuafa Farm ditempatkan di tiga wilayah, yakni Madiun, Malang, dan Situbondo. Adapun stretegi yang kedua adalah dengan memberdayakan peternak lokal.

Baca Juga

"Dalam rangka untuk mengoptimalkan dan menjamin ketersediaan hewan kurban yang sehat dan berkualitas, Dompet Dhuafa memberdayakan peternak lokal sebagai pemasok sekaligus mitra pendistribusian daging kurban," ujar Kholid, Ahad (26/6/2022).

Kholid menjelaskan Dompet Dhuafa Jatim merencanakan kurang lebih ada 16 titik daerah penyaluran daging kurban. Wilayah penyaluran tersebut adalah Bangkalan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Pacitan, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Mojokerto, Malang, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo, dan Banyuwangi.

Lokasi penyaluran kurban harus memenuhi prasyarat khusus. Seperti mengalami defisit daging kurban, daerah Muslim minoritas, daerah pascabencana, serta beberapa daerah pelosok yang mengalami krisis pangan. Iah menjelaskan, pemilihan wilayah tersebut merupakan bentuk komitmen Dompet Dhuafa untuk memberikan manfaat daging kurban secara merata kepada para warga prasejahtera.  "Warga yang kesulitan menjangkau daging serta upaya untuk meminimalisir penumpukan daging kurban di perkotaan," ujarnya.

Dompet Dhuafa Jawa Timur juga diakuinya tetap mendukung upaya pemerintah dalam rangka mengurangi penggunaan plastik saat momen pendistribusian daging kurban. “Kami telah menyiapkan besek kusus yang akan digunakan sebagai media penyaluran daging kurban kepada masyarakat dhuafa,” kata dia.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA