Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Ini Lima Jenis Sayuran yang Bisa Bantu Anda Turunkan Berat

Senin 27 Jun 2022 05:34 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Satu studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa meningkatkan konsumsi sayuran dapat berkontribusi pada peningkatan penurunan berat badan. Ada lima jenis sayuran yang mampu turunkan berat badan

Satu studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa meningkatkan konsumsi sayuran dapat berkontribusi pada peningkatan penurunan berat badan. Ada lima jenis sayuran yang mampu turunkan berat badan

Foto: www.freepik.com
Brokoli dengan nutri dan zat anti radang bantu sesorang turunkan berat badan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makan banyak sayuran secara teratur dapat membantu Anda mencegah penyakit jantung, mengelola tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu Anda mengelola kadar gula darah.

Dilansir dari eatthis pada Sabtu (25/6), seiring dengan manfaat kesehatan ini, sayuran juga dapat membantu Anda memenuhi tujuan penurunan berat badan.  Satu studi yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa meningkatkan konsumsi sayuran dapat berkontribusi pada peningkatan penurunan berat badan.

Berikut lima sayuran yang dapat menurunkan berat badan yaitu: 

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran serbaguna yang orang suka makan mentah, dikukus atau ditumis.  Dan bersama dengan keserbagunaannya, itu juga merupakan tambahan yang bagus untuk rencana makan Anda ketika Anda mencoba untuk menurunkan beberapa kilogram.

Brokoli mengandung antioksidan, yang diketahui dapat menurunkan peradangan dalam tubuh, antara lain. Nutrisi dalam brokoli ini unik dalam cara kerjanya.

Sayuran ini juga memberi tubuh sulforaphane, senyawa tanaman antioksidan yang memberi sayuran ini sebagian besar manfaat anti-inflamasinya.  Sulforaphane bekerja dengan menurunkan sitokin dan NF-kB, zat yang mendorong proses peradangan. 

Ketika ini berlimpah di dalam tubuh dan dibiarkan bertahan, tingkat peradangan yang berbahaya dapat dicapai. Seperti penelitian menunjukkan bahwa peradangan kronis dapat menyebabkan penambahan berat badan, mampu menguranginya dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Paprika

Paprika adalah sayuran yang lezat dengan rasa yang ringan, sehingga sangat cocok untuk ditambahkan ke berbagai jenis hidangan. Paprika adalah sayuran yang ideal untuk ditambahkan ke diet penurunan berat badan.  Mereka rendah kalori dan tinggi nutrisi sekaligus membantu menciptakan rasa kenyang setelah makan. Kombinasi ini dapat membantu mencegah makan berlebihan sepanjang hari.

Paprika merah lebih tinggi vitamin C daripada jeruk,  yang merupakan nutrisi penting untuk manfaat dukungan kekebalan tetapi juga meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Bawang

Hal-hal seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, bawang merah, daun bawang, dan daun bawang dianggap allium.  Sayuran ini penuh rasa dan bagus untuk rencana makan yang sehat, dan karena rasanya yang sangat tinggi, mereka dapat menggantikan aditif rasa berkalori tinggi yang dapat Anda tambahkan ke makanan.

Sayuran rendah kalori dan beraroma tinggi ini dapat digunakan dalam banyak cara mulai dari sup hingga saus, bumbu dan salad, dan banyak lagi. 

Salah satu cara termudah untuk mengurangi total kalori adalah dengan menggunakan rasa makanan utuh dan menukarnya dengan yang saus ultra-olahan, sup, dan makanan kemasan lainnya yang mungkin memberi Anda rasa yang sudah dikenal, mereka datang dengan sangat sedikit nutrisi dan banyak kalori kosong ekstra.

4. Cabai 

Jika Anda adalah seseorang yang dapat menangani sedikit bumbu di dapur, Anda mungkin ingin mencoba menambahkan beberapa cabai ke makanan Anda berikutnya untuk mendukung penurunan berat badan.

Menambahkan cabai ke dalam rencana makan seseorang untuk meningkatkan rasa dan panas pada masakan mereka. Hal yang menarik tentang sayuran yang berasal dari genus tanaman capsicum adalah bahwa mereka mengandung Capsaicin, yang telah dikenal untuk meningkatkan mood dan metabolisme.  

5. Bit

Beberapa orang menyukai bit, yang lain membencinya. Tetapi jika Anda seorang pecinta bit, Anda akan senang mengetahui bahwa mereka dikemas dengan banyak nutrisi bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Karena kaya akan nitrat, bit telah lama diapresiasi oleh para atlet dan orang yang berprestasi tinggi sebagai cara untuk meningkatkan oksida nitrat dalam tubuh. Peningkatan NO ekstra ini dapat membantu latihan bahan bakar, mendukung aliran darah, memaksimalkan pemulihan dan bahkan dapat meningkatkan kinerja untuk beberapa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA