Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Kuliah Tamu STEI SEBI: Akuntan Adalah Pekerjaan yang akan Hilang, Benarkah?

Ahad 26 Jun 2022 08:39 WIB

Red: Irwan Kelana

STEI SEBI menggelar kuliah tamu akuntansi syariah, Rabu (22/6).

STEI SEBI menggelar kuliah tamu akuntansi syariah, Rabu (22/6).

Foto: Dok STEI SEBI
Saat ini akuntansi memiliki cakupan yang lebih luas.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Program Studi Akuntansi Syariah (AS) STEI SEBI mengadakan Kuliah Tamu Akuntansi Syariah, pada Rabu (22/6). Kuliah tamu ini diisi oleh Asrul Aminullah  SEI SAS dengan materi kuliah “Accounting Today: Banking Industri Perspective”. 

Asrul Aminullah merupakan seorang Accounting Policy, System & Procedures Department Head di PT  Bank Syariah Indonesia Tbk. Dalam kuliah tamu ini, Asrul Aminullah menjelaskan bahwa akuntansi saat ini telah berkembang, memiliki fungsi dan cakupan dalam dunia profesi yang lebih luas. 

Secara garis besar, materi yang dibawakan membahas mengenai the expansion of accounting function, business follows the accounting, dan accountant mind switching. Asrul Aminullah menjelaskan bahwa saat ini akuntansi memiliki fungsi yang lebih luas tidak hanya terbatas pada pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan dalam laporan saja. Selain itu, dijelaskan pula bahwa saat ini bisnislah yang mengikuti akuntansi, bukan akuntansi yang mengikuti bisnis.

Di bagian akhir materi, dia menjelaskan bahwa persepsi mengenai akuntansi saat ini perlu diubah, karena akuntansi bukan cuma itu-itu saja. Melalui pemaparan materi tersebut Asrul Aminullah menekankan bahwa,  “Anggapan profesi akuntan akan hilang adalah suatu hal yang keliru, karena saat ini akuntansi memiliki cakupan yang lebih luas.”

Ketua Program Studi Akuntansi Syariah, Dr  Sepky Mardian  SEI  MM  SAS berharap kegiatan kuliah tamu ini bisa menambah wawasan peserta seputar akuntansi syariah. “Saya kira ini suatu updating atas wawasan kita dan mudah-mudahan ini akan menjadi suatu penambah ilmu bagi kita pada malam hari ini,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (23/6).

Kuliah tamu disenggelarakan secara online melalui Zoom Cloud Meetings. Ruang zoom telah dibuka sejak pukul 20.00 WIB dan berakhir pada pukul 22.00 WIB. Kuliah tamu ini diikuti oleh lebih dari 40 peserta. Peserta cukup antusias terlihat pada saat sesi tanya jawab dan sesi akhir perkuliahan. 

Sebelum ditutup, kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemaparan informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STEI SEBI yang disampaikan oleh Amrul Anshory SE. Amrul Anshory memaparkan mengenai periode penerimaan mahasiswa baru di STEI SEBI dan program beasiswa yang juga dapat di cek di www.sebi.ac.id. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA