Jumat 24 Jun 2022 23:03 WIB

KKHI Makkah Gencar Ingatkan Jamaah Haji Taat Protokol Kesehatan

KKHI Makkah imbau jamaah patuhi protokol kesehatan untuk kepentingan bersama

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi jamaah haji bermasker. KKHI Makkah imbau jamaah patuhi protokol kesehatan  untuk kepentingan bersama
Foto: AP/Amr Nabil
Ilustrasi jamaah haji bermasker. KKHI Makkah imbau jamaah patuhi protokol kesehatan untuk kepentingan bersama

IHRAM.CO.ID, JAKARTA— Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tidak bosan untuk terus mengingatkan agar jamaah haji mematuhi protokol kesehatan selama di Arab Saudi.

Anggota Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) KKHI Makkah, dr Cahyarini, SpK(K) mengatakan, agar jamaah haji sadar dan mau menjaga diri dengan selalu memakai masker.

Baca Juga

Ia menekankan, seruan memakai masker ini agar tidak tertular atau menularkan penyakit baik selama di Arab Saudi maupun sampai di Tanah Air. "Ayo bapak ibu dipakai maskernya ya,” kata Ririn, Jumat (24/6/2022).

Pada kesempatan yang sama Ririn juga menyampaikan, bahwa menjaga diri dan orang lain dari segala yang membahayakan termasuk penyakit, merupakan perintah syariat Islam.

Ririn mengatakan saling menjaga diatur dalam Alquran surah Al Maidah ayat 32 yang artinya, jika kita memelihara kehidupan satu manusia sama dengan memelihara seluruh kehidupan seisi bumi. “Berarti dengan memakai masker jamaah haji sudah menjadi pahlawan yang menegakan syariat Islam,” katanya.

Sementara itu Koordinator Lapangan Tim Promosi Kesehatan Makkah, dr Ira Cyndira Tresna, melakukan pendekatan kepada jamaah yang keluar pemondokan.

Di tempat itu, Ira mengimbau agar jamaah selalu menggunakan masker dan alat pelindung diri lainnya. “Ayo Bapak Ibu Haji jika mau keluar diperhatikan maskernya sandalnya, selalu dibawa ya jangan dilepas agar kakinya tidak melepuh,” katanya.   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement