Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Lewat Konsorsium, AP I Resmi Kelola Bandara Hang Nadim

Sabtu 25 Jun 2022 06:10 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya

Sejumlah calon penumpang melintas di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (ilustrasi). Per 1 Juli 2022, Bandara Internasional Hang Nadim resmi dikelola oleh Angkasa Pura I melalui PT Bandara Internasional Batam

Sejumlah calon penumpang melintas di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (ilustrasi). Per 1 Juli 2022, Bandara Internasional Hang Nadim resmi dikelola oleh Angkasa Pura I melalui PT Bandara Internasional Batam

Foto: ANTARA/Teguh Prihatna
Konsorsium Angkasa Pura I menguasai 51 persen saham Bandara Hang Nadim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Penandatanganan serah terima pengoperasian Bandara Internasional Hang Nadim dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) kepada PT Bandara Internasional Batam (PT BIB) dilakukan hari ini (24/6/2022). PT Bandara Internasional Batam (BIB) merupakan konsorsium yang dibentuk oleh PT Angkasa Pura I dengan kepemilikan saham 51 persen, Incheon International Airport Corporation (IIAC) saham 30 persen, dan 19 persen saham milik PT Wijaya Karya (Persero).

“Per 1 Juli 2022 nanti, Bandara Internasional Hang Nadim resmi dikelola oleh Angkasa Pura I melalui PT Bandara Internasional Batam,” kata Direktur UtaMa AP I Faik Fahmi dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (27/6/2022). 

Baca Juga

Hal tersebut tentunya merupakan milestone besar perusahaan dalam pembuktian kapabilitas dan kualitas Angkasa Pura I dalam mengelola bandara. Faik menegaskan AP I bertekad untuk dapat mengembangkan Bandara Hang Nadim menjadi bandara berpengaruh, utamanya sebagai pusat logistik kargo udara tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di kawasan regional Asia.

"Hal ini juga merupakan langkah awal dalam transformasi bisnis perusahaan yang dilakukan oleh Angkasa Pura I untuk meningkatkan potensi pendapatan perusahaan,” tutur Faik. 

Bersama Incheon International Airport Corporation dan Wika kami bertekad untuk memfasilitasi pencapaian target pertumbuhan perekonomian Batam. Hal tersebut beberapa langkah yang telah dicanangkan oleh BP Batam sebelumnya. 

Bandara Internasional Batam akan dikelola per 1 Juli 2022 oleh PT BIB dengan masa pengelolaan 25 tahun. 

Sebelumnya, pada 21 Desember 2021 Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam (BP Batam) telah melakukan penandatanganan kerja sama pengelolaan (desain, pembangunan, pembiayaan, pengalihan, pengoperasian, dan pemeliharaan) dengan PT Bandara Internasional Batam.

Sementara itu, Direktur Utama Bandara Internasional Batam Pikri Ilham Kurniansyah optimistis dapat berkontribusi positif terhadap ekonomi Batam. "Kami berharap kedatangan BIB dapat membawa Bandara Hang Nadim untuk menjadi lebih baik, mampu bersaing di kancah internasional. Kami juga berharap kehadiran Hang Nadim ini memberi dampak bagi masyarakat lokal,” ucap Pikri.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA