Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

DJP Jateng I Catat 6.339 Wajib Pajak Ikuti Program Pengungkapan Sukarela

Jumat 24 Jun 2022 21:28 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Pajak. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Jawa Tengah I mencatat sebanyak 6.339 Wajib Pajak (WP) di wilayah tersebut sudah mengikuti Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Pajak. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Jawa Tengah I mencatat sebanyak 6.339 Wajib Pajak (WP) di wilayah tersebut sudah mengikuti Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Upaya sosialisasi tentang PPS tersebut terus dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Jawa Tengah I mencatat sebanyak 6.339 Wajib Pajak (WP) di wilayah tersebut sudah mengikuti Program Pengungkapan Sukarela (PPS).

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Jawa Tengah I, Mahartono, dalam siaran pers di Semarang, Jumat (24/6/2022), mengatakan, PPS ini sudah berjalan sejak 1 Januari hingga 30 Juni 2022. "Hingga 24 Juni ini tercatat sudah 6.339 wajib pajak yang berpartisipasi," kata Mahartono.

Baca Juga

Dari jumlah WP sebanyak itu, lanjut dia, tercatat total penerimaan pajak penghasilan (PPh) mencapai Rp 970 miliar.

Ia menjelaskan peserta PPS ini sendiri terbagi menjadi dua. Yakni, kelompok WP peserta pengampunan pajak, namun masih ada harta yang belum disampaikan. Kedua, kelompok WP Orang Pribadi dengan harta yang diperoleh dari tahun 2016 hingga 2020, namun belum dicantumkan di dalam lampiran harta pada SPT Tahunan.

Ia menambahkan upaya sosialisasi tentang PPS tersebut terus dilakukan, baik secara daring maupun luring, meski saat ini mulai mendekati batas akhir pada 30 Juni 2022. Upaya sosialisasi secara langsung, tambah dia, salah satunya dilakukan dengan membuka gerai layanan di salah satu mal di Kota Semarang.

"DJP Jawa Tengah I membuka pojok pajak untuk memberikan layanan kepada masyarakat yang ingin berkonsultasi," katanya.

Sementara untuk pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak 2021, menurut Mahartono, tercatat sudah 680.568 WP yang sudah menyampaikan kewajiban perpajakan tersebut. Adapun jumlah WP di wilayah Jawa Tengah I ini tercatat sebanyak 969.196 WP.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA