Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

BI Papua Gelar Gebyar UMKM di Bumi Cenderawasih

Jumat 24 Jun 2022 21:07 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Seorang pedagang merapiikan noken (tas tradisional khas Papua) (ilustrasi). Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengelar Gerakan Bangga Karya dan Ragam Produk (Gebyar) UMKM Papua guna mendorong pengembangan UMKM di Bumi Cenderawasih.

Seorang pedagang merapiikan noken (tas tradisional khas Papua) (ilustrasi). Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengelar Gerakan Bangga Karya dan Ragam Produk (Gebyar) UMKM Papua guna mendorong pengembangan UMKM di Bumi Cenderawasih.

Foto: ANTARA/Gusti Tanati/app/hp.
Kegiatan itu juga dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua mengelar Gerakan Bangga Karya dan Ragam Produk (Gebyar) UMKM Papua guna mendorong pengembangan UMKM di Bumi Cenderawasih.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Juli Budi Winantya di Jayapura, Jumat (24/6/2011), mengatakan, kegiatan tersebut juga dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada Juni 2022.

Baca Juga

"Pada kegiatan Gebyar UMKM Papua merupakan wujud nyata kepedulian Bank Indonesia Papua dalam pengembangan sektor riil di Papua," kata dia.

Menurut Juli, selama pelaksanaan kegiatan masyarakat dapat mengunjungi pameran UMKM Papua yang menyediakan produk unggulan mulai dari kuliner, kerajinan, fashion, dan produk lainnya. "Kami juga ada gelar wicara yang sehingga masyarakat dapat pemahaman mengenai pengembangan usaha utamanya pada area pembiayaan, pemasaran, dan digitalisasi di Papua," ujar Juli.

Dia menjelaskan, dengan kegiatan tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan sinergi antar Bank Indonesia dalam mendorong pengembangan UMKM Papua. "Ke depan, kami akan senantiasa mendukung pengembangan UMKM melalui sinergi dan kolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan," katanya lagi.

Sementara itu salah satu masyarakat yang berasal dari Kabupaten Yapen Agies Pranoto mengatakan kegiatan seperti ini bisa dilakukan juga di kabupaten lainnya, karena di Papua masih banyak UMKM yang membutuhkan kegiatan seperti ini. "Senang dengan ada acara Gebyar UMKM Papua kami bisa lebih mengenal lagi produk UMKM lainnya, seperti kue kering dari sagu , sambal home made serta lainnya," katanya.

Sekedar diketahui kegiatan Gebyar UMKM Papua digelar Mall Jayapura, Kota Jayapura, mulai 24-26 Juni 2022 yang diikuti 12 pelaku usaha.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA