Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Unisba Buka PMB Gelombang III

Jumat 24 Jun 2022 19:14 WIB

Red: Christiyaningsih

Universitas Islam Bandung (Unisba) membuka PMB secara daring mulai 20 Juni 2022.

Universitas Islam Bandung (Unisba) membuka PMB secara daring mulai 20 Juni 2022.

Foto: Unisba
Universitas Islam Bandung (Unisba) membuka PMB secara daring mulai 20 Juni 2022

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Universitas Islam Bandung (Unisba) membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang III untuk tahun ajaran 2022/2023. Pendaftaran dibuka secara daring mulai 20 Juni 2022 melalui laman www.unisba.ac.id kemudian memilih menu pendaftaran/admission.

Ketua PMB Unisba A. Harits Nu’man mengatakan Pembukaan PMB Gel 3 ini membuka peluang bagi calon mahasiswa yang belum diterima di gelombang 1 dan 2, serta yang belum pernah mendaftar untuk memperoleh kesempatan menempuh studi di Unisba yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga

Menurutnya, Unisba sebagai perguruan tinggi Islam maju dan mandiri tidak bergantung kepada pemerintah yang hingga saat ini terus menghasikan, mengkreasikan, dan mengembangkan sesuai dengan kemampuan. Selain itu, Unisba saat ini sudah stabil dalam penyelenggaraannya dengan memperoleh peringkat 1 sebagai perguruan tinggi Islam swasta (PTIS) di Jawa Barat dan peringkat 3 sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Barat.

Harits yang merupakan wakil rektor I Unisba mengatakan Unisba juga unggul sebagai destinasi untuk mengembangkan pendidikan. Tidak hanya memahami ilmu dunia tapi juga memahami ilmu agama dengan memberikan kurikulum pendidikan agama Islam selama  tujuh semester. "Ini karena jika agama tanpa ilmu akan hancur dan ilmu tanpa agama akan bobrok," ujarnya.

Harits menuturkan poin utama dalam kelulusan calon mahasiswa Unisba adalah nilai akademik dari hasil tes tulis maupun nilai rapor. Ia juga menekankan bahwa sumbangan bukan penentu dalam kelulusan. Hal ini menurutnya karena Unisba senantiasa meningkatkan kualitas pendidikannya untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan bermutu.

"Jika ingin bisa diterima di Unisba, maka nilai akademiknya harus tinggi. Jika nilainya di atas nilai standar, Insya Allah bisa dipastikan diterima. Kita tidak memperhatikan atau menentukan sesuai besaran sumbangan IPF," katanya.

PMB kali ini tetap membuka dua jalur yakni USM yang diperuntukkan bagi semua jurusan dengan 33 program studi pilihan dan PMDK hanya untuk beberapa jurusan seperti Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Keluarga Islam, Perbankan Syariah,  Pendidikan Agama Islam, PG-PAUD, Ilmu Hukum, Statistik, Matematika, Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Teknik Perencanaan Wilayah & Kota dan Ekonomi Pembangunan.

Sama dengan gelombang sebelumnya, untuk USM dikenakan biaya Rp 300 ribu sampai Rp 700 ribu bergantung dengan jurusan yang dipilih dan PMDK tidak dikenakan biaya pendaftaran. Untuk informasi lengkap terkait Pendaftaran PMB 2022/2023 kunjungi laman https://unisba.ac.id dan akun resmi media sosial Unisba.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA