Sunday, 16 Muharram 1444 / 14 August 2022

Ingin Turunkan Tekanan Darah? Coba Buat Minuman Ini di Rumah

Sabtu 25 Jun 2022 00:30 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Pengukuran tekanan darah (Ilustrasi). Tekanan darah tinggi dapat memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah, jantung, dan organ lain seperti otak, ginjal, serta mata.

Pengukuran tekanan darah (Ilustrasi). Tekanan darah tinggi dapat memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah, jantung, dan organ lain seperti otak, ginjal, serta mata.

Foto: Simple Wikipedia
Ada minuman yang mudah dibuat di rumah untuk bantu turunkan tekanan darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada beragam faktor dalam keseharian yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Bila tak dikelola dengan baik, tekanan darah tinggi bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius di kemudian hari. Salah satu hal yang dapat membantu penurunan tekanan darah adalah jus tomat.

"Kondisi (tekanan darah tinggi) ini bisa dengan mudah dikelola dengan menggunakan obat-obatan yang tepat dan membuat perubahan dalam kebiasaan gaya hidup," jelas Dr Amit Sra dari Cosmebeaute, seperti dilansir Express, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga

Mengacu pada beberapa studi, dr Amit mengatakan konsumsi jus tomat dapat menjadi salah satu kebiasaan gaya hidup yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, konsumsi tomat tanpa garam juga dapat memberikan efek antiinflamasi.

photo
Tomat (ilustrasi) - (Boldsky)

Sebuah studi dalam jurnal Food Science and Nutrition, misalnya, menemukan bahwa jus tomat bisa menurunkan angka tekanan darah secara signifikan pada orang-orang dengan prehipertensi dan hipertensi. Studi ini melibatkan 480 orang partisipan berusia 56-58 tahun yang diminta untuk minum jus tomat tanpa garam.

Para partisipan diperbolehkan mengonsumsi jus tomat tanpa garam dalam jumlah sebanyak yang mereka inginkan. Kebanyakan para partisipan meminum sekitar 200 ml jus per hari.

Tim peneliti mengungkapkan bahwa tak ada perbedaan dalam manfaat penurunan tekanan darah pada partisipan perempuan atau laki-laki. Manfaat penurunan tekanan darah dari konsumsi jus tomat tanpa garam juga terlihat sama pada berbagai kelompok usia.

Menurut tim peneliti, jus tomat tanpa garam merupakan produk yang terjangkau dan banyak tersedia dalam bentuk siap pakai. Oleh karena itu, jus ini cukup praktis untuk digunakan sebagai intervensi gizi yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular pada orang-orang berisiko seperti penderita hipertensi.

Dr Amit mengatakan, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui apakah manfaat dari konsumsi jus tomat tanpa garam ini bisa didapatkan oleh populasi yang lebih beragam. Dia menilai manfaat dari jus tomat ini berasal dari komponen-komponen bioaktif yang terkandung di dalam buah tersebut.

Salah satu dari komponen yang terkandung di dalam tomat adalah kalium. Kalium dikenal dapat menurunkan tekanan darah.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA