Jumat 24 Jun 2022 13:18 WIB

600 Lebih Titik Pemotongan Hewan di Yogyakarta Sudah Terpetakan

Pemerintah akan mendatangi titik pemotongan untuk memastikan hewan kurban aman.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ilham Tirta
Petugas bersiap untuk menyembelih hewan kurban (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas bersiap untuk menyembelih hewan kurban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sudah memetakan ratusan titik pemotongan hewan kurban di masa Idul Adha 2022, nanti. Setidaknya, sudah terpetakan lebih dari 600 titik pemotongan hewan di Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Yogyakarta, Suyana mengatakan, pihaknya akan mendatangi titik-titik pemotongan hewan tersebut. Hal itu untuk memastikan tempat pemotongan hewan sesuai standar, mengingat saat ini juga ada penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di DIY.

Baca Juga

Meskipun begitu, Suyana mengeklaim, di Kota Yogyakarta masih nol kasus PMK. Sedangkan, seluruh kabupaten di DIY sudah ditemukan kasus PMK. "Pantauan hewan kurban, diprediksi ada 600 sekian titik di Kota Yogya, ada di mushala dan masjid dan sudah kita petakan semua yang nanti harus kita datangi satu-satu," kata Suyana di Taman Pintar Kota Yogyakarta, Kamis (23/6/2022).

Sebanyak 600 lebih titik ini merupakan tempat pemotongan hewan kurban yang didaftarkan oleh panitia kurban. Pendaftaran dilakukan ke Pemkot Yogyakarta melalui Google Forms.

"Google Forms disebarkan ke masyarakat, panitia yang mendaftarkan titiknya dan mendaftarkan jumlah hewan kurbannya," ujar Suyana.

Suyana juga meminta agar masyarakat membeli hewan kurban ke peternak di Kota Yogyakarta. Sebab, sebagian besar kasus PMK yang tercatat di DIY berasal dari hewan yang didatangkan dari luar daerah dan menyebar ke hewan-hewan lain.

"Kita imbau masyarakat hati-hati mendatangkan dan membeli hewan kurban, jangan sampai hewan kurbannya berpenyakit mulut dan kuku karena bisa menyebar di Kota Yogya yang sekarang ini alhamdulillah masih nol kasus," lanjut Suyana.

Menjelang Idul Adha ini, pihaknya terus melakukan pemantauan hewan. Termasuk ke tempat-tempat pemotongan hewan kurban yang sudah didaftarkan panitia kurban.

"Tempatnya akan kami pantau dan diberikan advice terkait bagaimana tata letak dan lain sebagainya, bagaimana menyiapkan tempat-tempat hewan kurban yang masih hidup dan harus terpisah dengan tempat penyembelihan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement