Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Menteri PPPA Minta Alumni LPDP Berkontribusi Nyata Bagi Perempuan dan Anak

Jumat 24 Jun 2022 10:56 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga memberikan pemaparan saat sesi pleno kedua G20 EMPOWER di Yogyakarta, Rabu (18/05/2022). Pertemuan yang diikuti oleh para pemimpin perempuan di sektor publik dan swasta tersebut membahas kontribusi perempuan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga memberikan pemaparan saat sesi pleno kedua G20 EMPOWER di Yogyakarta, Rabu (18/05/2022). Pertemuan yang diikuti oleh para pemimpin perempuan di sektor publik dan swasta tersebut membahas kontribusi perempuan sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi.

Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Peningkatan kualitas pendidikan melalui program LPDP mencetak SDM berintegritas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengajak para awardee program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dapat membawa manfaat sebaik-baiknya beasiswa bagi pembangunan bangsa dan negara, terutama bagi perempuan dan anak.

"Besar harapan saat periode pendidikan telah selesai dan tiba waktunya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, kalian dapat membawa perspektif perempuan dan anak dalam setiap dasar pemikiran, pemahaman dan segala pelajaran yang diambil serta ciptakanlah pula kesadaran pada diri kita masing-masing untuk berkontribusi dalam pembangunan yang responsif gender dan ramah anak," kata Bintang di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Baca: Penuding LPDP Dikuasai Kaum Tarbiyah Ternyata Caleg PSI

Bintang mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan melalui program LPDP akan mencetak sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berintegritas. "Integritas di sini bukan hanya soal konsep nilainya, namun yang paling penting adalah implementasi melalui berbagai aksi nyata.

"Agar nantinya jika para awardee menempati posisi-posisi strategis di mana pun berada, dapat melahirkan tindakan maupun keputusan yang memberikan dampak perubahan yang baik bagi sekitarnya," katanya.

Baca: SBY Pamer Lukisan Grand Canyon Ukuran Jumbo

Menurut Bintang, dampak tersebut juga dapat dirasakan dalam penyelesaian isu perempuan dan anak demi menciptakan suatu lingkungan yang kondusif, setara, adil dan sejahtera bagi perempuan dan anak-anak Indonesia untuk benar-benar memaksimalkan potensinya di kehidupan bernegara dan bermasyarakat

Pihaknya mengatakan, untuk dapat menyelesaikan permasalahan perempuan dan anak, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Pasalnya, masalah perempuan dan anak di Indonesia sangat kompleks dan memerlukan pemikir dan pemimpin muda yang inovatif.

Dengan begitu, Indonesia sangat membutuhkan peran serta dari semua pihak dengan berbagai latar belakang keilmuan dan profesi untuk bersama-sama bergerak demi perempuan dan anak Indonesia. "Saya percaya para awardee yang hadir pada hari ini adalah kekuatan yang luar biasa," ucap Bintang.

Dia menjelaskan, dengan menghargai perempuan maka dapat memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak sama artinya dengan berinvestasi untuk masa depan bangsa. "Kalian adalah bagian dari kaum intelektual bangsa yang dapat memberikan dukungan untuk pencapaian kesetaraan gender, perlindungan dan pemenuhan hak anak," kata Bintang.

Baca: Prabowo Kunjungi Markas Special Forces Command Kamboja yang Dididik Kopassus

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA