Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Prodi Informatika UNM Gelar Workshop Machine Learning

Jumat 24 Jun 2022 09:53 WIB

Red: Gita Amanda

Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui Program Studi (prodi) Informatika, sukses menyelenggarakan webinar tentang machine learning secara daring via Zoom, pada Selasa (21/6/2022).

Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui Program Studi (prodi) Informatika, sukses menyelenggarakan webinar tentang machine learning secara daring via Zoom, pada Selasa (21/6/2022).

Foto: Universitas Nusa Mandiri
Teknologi machine learning salah satu cabang Artificial Intelligence yang diminati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Materi tentang machine learning, masih sangat diminati dan menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, teknologi Artificial Intelligence (AI) memungkinan komputer dapat melakukan analisis, berfikir cerdas dalam mengambil keputusan serta membantu memecahkan permasalahan.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui Program Studi (prodi) Informatika, sukses menyelenggarakan webinar tentang machine learning secara daring via Zoom, pada Selasa (21/6/2022). Acara ini menghadirkan seorang praktisi di bidang Artificial Intelligence dan dosen dari International Islamic University Malaysia yaitu Dini Oktarina Dwi Handayani.

Baca Juga

Arfhan Prasetyo, selaku Ketua Program Studi (Prodi) Informatika UNM, hadir dan memberikan sambutan dalam pembukaan acara. Ia menyampaikan bahwa, teknologi machine learning salah satu dari cabang Artificial Intelligence yang sangat diminati dan menarik perhatian.

“Bidang ilmu Artificial Intelligence begitu diminati sebab teknologi tersebut mampu mempelajari data yang ada dan data yang diperoleh, sehingga bisa melakukan tugas tertentu,” katanya pada peserta webinar saat membuka kegiatan, seperti dalam siaran pers, Jumat (24/6/2022).

Ia pun berpesan kepada seluruh peserta, agar mampu memanfaatkan dengan baik kegiatan ini dan mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber. “Perkembangan teknologi Artificial Intelligence berkembang dengan pesat, jadi sudah menjadi keharusan sebagai mahasiswa untuk berperan aktif dalam memperbarui skill, agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik. Bukan sebaliknya, hanya dimanfaatkan oleh teknologi,” tandasnya.

Sementara itu, Dini Oktarina Dwi Handayani sebagai narasumber menjelaskan, peran machine learning sangat membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika membuka media Youtube, pasti disuguhkan dengan beberapa video, konten atau tampilan baru.

“Beberapa video atau konten tersebut merupakan hasil dari pengolahan machine learning yang sesuai dengan kesesuaian minat atau kebutuhan,” ungkapnya.

Kemudian, jelasnya, pada machine learning terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan dalam prosesnya. Beberapa teknik tersebut yakni supervised learning dan unsupervised learning contoh algoritma yang dapat digunakan seperti Linear Regression, KNN, untuk supervised learning dan K-Means, Fuzzy C-Means untuk unsupervised learning.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA