Kamis 23 Jun 2022 19:54 WIB

YouTuber Ini Ubah iPod Lama Jadi Pemutar Spotify Retro

iPod Classic telah menjadi legenda karena penyimpanannya yang besar.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
iPod Classic
Foto: The Verge
iPod Classic

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat iPod sedang tren, pemutar media terkenal tidak terikat dalam dukungan Spotify. Bagi mereka yang ingin menyinkronkan perpustakaan Spotify ke iPod, harus mengunduh lagu baru. Kemudian mereka mengonversinya ke versi DRM-free baru mentransfernya.

Meskipun iPod telah menjadi peninggalan, seorang YouTuber berhasil memperbaiki masalah kompatibilitas dengan membuat antarmuka khusus untuk memutar musik dari Spotify di iPod Classic miliknya. 

Baca Juga

iPod Classic telah menjadi legenda karena penyimpanannya yang besar, ​​sebesar hard drive PC konvensional yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak lagu, podcast, dan video musik tanpa mengompresnya. Meskipun iPod sudah tidak digunakan, banyak orang yang mencoba menjualnya di platform jual beli daring, seperti eBay. Namun, antarmuka kuno dan keterbatasan untuk menyinkronkan file masih membuat pengguna kecewa.

Perangkat streaming baru iPod Classic                       

Seorang YouTuber yang dikenal sebagai Guy Dupont telah menggunakan beberapa keajaiban Do It Yourself (DIY) untuk mengubah iPod Classic miliknya menjadi perangkat untuk streaming Spotify secara eksklusif. iPod Classic tidak menjalankan antarmuka iPod standar, tetapi antarmuka kustom.

 

Dilansir Slash Gear, Kamis (23/6/2022), Dupont mengganti layar monokrom dengan berwarna dan memilih tema gelap dengan teks yang ditulis berwarna hijau agar sesuai dengan estetika Spotify. Cara ini bukan ditujukan untuk pemula dan membutuhkan pengetahuan teknis yang cukup.

iPod Classic dilengkapi dengan modul Raspberry Pi Zero W yang menghadirkan konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi. Raspberry Pi digunakan untuk menjalankan antarmuka khusus. Meskipun Dupond memilih untuk mempertahankan jack headphone 3.5mm, itu tidak berfungsi. Selain itu, adaptor docking 30-pin Apple tradisional juga diganti dengan port micro-USB untuk kemudahan pengisian daya.

Dia memastikan tombol di bagian depan, termasuk roda klik, berfungsi sebagaimana mestinya. Secara keseluruhan, proyek ambisius dan inspiratif ini adalah sesuatu yang menggembirakan bagi para penggemar iPod Classic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement