Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Dorong Potensi Talenta Muda, Kemnaker Kenalkan Program Digital

Kamis 23 Jun 2022 17:42 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja yang bekerjasama dengan Talent Hub menggagas acara Talent Talks yang bertajuk

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja yang bekerjasama dengan Talent Hub menggagas acara Talent Talks yang bertajuk

Foto: Dok. Web
Kesempatan ini mempertemukan Menaker Ida Fauziyah kepada talenta muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat per Februari 2022 tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan menjadi sekitar 0,43 persen dibandingkan Februari 2021. Ini setara dengan 350 ribu tenaga kerja berhasil mendapatkan pekerjaan. Akan tetapi, angka ini masih lebih tinggi 0.98 persen jika dibandingkan data per Februari 2019.

Menanggapi fakta ini, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja yang bekerjasama dengan Talent Hub menggagas acara Talent Talks yang bertajuk 'Youth Strategy in Building a Work Culture Beyond Covid-19'.

Baca Juga

Kesempatan ini mempertemukan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah kepada talenta muda kelas pekerja swasta, entrepreneur, serta mahasiswa dalam menampung aspirasi strategi pekerja di saat pandemi. Selain itu, Ida Fauziyah juga memperkenalkan program-program berpotensi yang dapat dimanfaatkan oleh para talenta muda dalam mendorong kemajuan di sektor ketenagakerjaan dan perekonomian. 

"Kementerian Ketenagakerjaan memiliki fokus dan perhatian penuh menjadi tempat yang nyaman bagi talenta muda untuk berkolaborasi guna memaksimalkan potensinya bagi kemajuan sektor ketenagakerjaan dan perekonomian," ujar Ida.

Berfokus pada pengembangan talenta muda Tanah Air, Kementerian Ketenagakerjaan menyiapkan tiga program digital utama. Tiga program digital tersebut adalah penyediaan informasi umum mengenai dunia pekerjaan melalui situs www(dot)account(dot)kemnaker(dot)go(dot)id

Penyediaan akses peningkatan produktivitas bagi talenta muda di sektor kreatif dan digital melalui situs www(dot)talenthub(dot)kemnaker(dot)go(dot)id serta platform pendukung pengembangan minat para kelas pekerja, entrepreneur, dan pencari kerja di situs www(dot)karirhub(dot)kemnaker(dot)go(dot)id, www(dot)pelatihan(kemnaker.go.id, www(dot)bizhub(dot)kemnaker(dot)go(dot)id.

“Tersedianya platform-platform ini diharapkan dapat membuat para talenta muda akan link and match terhadap pekerjaan yang diminati sesuai passion masing-masing," kata Ida. 

Sebagai informasi, Kemnaker telah mencanangkan sembilan Lompatan Besar yang terdiri dari transformasi Balai Latihan Kerja (BLK), Link and Match Ketenagakerjaan, Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja, Pengembangan Talenta Muda, Perluasan pasar Kerja Luar Negeri, Visi Baru Hubungan Industrial, Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan, Pengembangan Ekosistem Digital Ketenagakerjaan, dan Reformasi Birokrasi. 

Melalui Talent Hub, program-program tersebut akan disosialisasikan di enam kota berbeda, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Medan, Makassar, dan Bali. Program diliputi Focus Group Discussion (FGD) dan Talent Scouting.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA