Kamis 23 Jun 2022 17:05 WIB

Tambah Wawasan, Taruna Poltekpel Sumbar Diperkenalkan tentang Keuangan Negera

Budaya sadar pajak untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Taruna dan Taruni dari Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mendapat kunjungan dari Kementerian Keuangan.
Foto: Istimewa
Taruna dan Taruni dari Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mendapat kunjungan dari Kementerian Keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - - Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan para Taruna dan Taruni dari Politeknik Pelayaran Sumatera Barat mendapat kunjungan dari Kementerian Keuangan dalam kegiatan seminar dan kuliah umum Treasury Goes To Campus (TGC) yang mengangkat tema, 'Mengenali, Memahami, dan Menjaga Keuangan Negara'. 

Turut hadir dalam kegiatan ini, Direktur Poltekpel Sumbar yang diwakili oleh Wakil Direktur III, Capt. Bintang Novi; Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Barat, Heru Pudyo Nugroh; Kabid Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumbar dan Jambi, Marihot Pahala Siahaan; Perwakilan Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea & Cukai (KPPBC) Teluk Bayur; Kepala KPKNL Padang Edy Suyanto, dan Pimpinan Bank Syariah Indonesia (BSI) Kacab Padang. 

"Kami berterima kasih atas kesedian Bapak dan Ibu yang hadir untuk berkunjung ke kampus Poltekpel Sumbar dan memberikan wawasan kepada taruna/i kami, ini merupakan kesempatan emas untuk memberikan informasi tentang bagaimana mengenali, memahami, dan menjaga APBN kepada para taruna/i kami, khususnya dari program studi D-IV Transportasi Laut dan lulusan jalur Pola Pembibitan program studi lainnya," kata Capt. Bintang dalam siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Kamis 23/6/2022). 

 

photo
Para taruna/i antusias mengikuti diskusi dan tanya jawab seputar materi yang telah diberikan. - (Istimewa)

 

Sementara itu, Heru Pudyo Nugroho juga menyampaikan apresiasi atas kesempatan yang diberikan kepada jajaran Kemenkeu daerah untuk memperkenalkan apa itu APBN dan bagaimana pengelolannya kepada masyarakat luas, khususnya kepada para taruna/i Poltekpel Sumbar dalam program Treasury Goes To Campus. 

"APBN itu adalah uang kita, dari kita, dan untuk kita.  Untuk kita, kita perlu memahami dan mengenal lebih jauh tentang APBN, memahami, dan menjaga keuangan negara kita, karena semua fasilitas negara yang kita pakai itu semua dari APBN," paparnya dalam mengedukasi para taruna/i. 

Selama kegiatan, para taruna/i mendapatkan serangkaian materi dari para narasumber. Materi pertama disampaikan oleh Kepala Kanwil DJPb Sumbar, Heru Pudyo Nugroho, untuk memperkenalkan APBN dan fungsi-fungsinya. Materi kedua disampaikan oleh Kabid Penyuluhan Pelayanan dan Humas Kanwil DJP Sumbar dan Jambi, Marihot Pahala Siahaan, yang memaparkan tentang budaya sadar pajak untuk mewujudkan Indonesia Maju. 

Lalu Materi ketiga disampaikan oleh perwakilan dari DJBC yang menjelaskan lebih lanjut tentang wawasan seputar bea cukai. Materi keempat disampaikan oleh Kepala KPKNL Padang Edy Suyanto dari DJKN yang menginfokan tentang pelaksanaan lelang dan ketentuannya. Materi terakhir disampaikan oleh BSI Kacab Padang sebagai bank mitra pengelolaan APBN. 

Usai pemaparan, kegiatan dilangsungkan di Dining Hall Poltekpel Sumbar ini, maka para taruna/i antusias mengikuti diskusi dan tanya jawab seputar materi yang telah diberikan. Kegiatan kemudian diakhiri dengan penyerahan plakat kepada Poltekpel Sumbar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement