Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Pengunjung Pasarina Sarinah Bisa Pakai Brand Metaverse Mulai Awal Juli

Kamis 23 Jun 2022 15:26 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Pasarina by Ranch Market meluncurkan aplikasi brand metaverse TRUST Live pada Rabu (22/6). Dengan beragam fitur menarik, bisa memberi pengalaman baru bagi konsumen kala berbelanja.

Pasarina by Ranch Market meluncurkan aplikasi brand metaverse TRUST Live pada Rabu (22/6). Dengan beragam fitur menarik, bisa memberi pengalaman baru bagi konsumen kala berbelanja.

Foto: Republika/Gumanti
'Brand Metaverse' akan berikan pengalaman berkunjung yang unik di Pasarina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Guna memberikan pengalaman baru bagi konsumen, Pasarina by Ranch Market yang berlokasi di Sarinah kini hadir dengan mengadaptasi brand metaverse. Lewat beragam fitur yang tersedia, konsumen bisa merasakan sensasi berbelanja yang unik dan berbeda. 

Chief of Merchandising and Marketing Officer PT Supra Boga Lestari Maria Suwarni mengatakan, ada beberapa fitur yang bakal mempermudah dan memanjakan konsumen kala berbelanja. Pertama, guidebot, yang akan menuntun pengunjung secara one on one untuk mengetahui lokasi dan promosi terbaik produk yang diinginkan melalui bantuan robot teknologi augmented reality. Saat ini ada 10 destinasi utama untuk fungsi guidebot dan akan berkembang mengikuti seluruh kategori di store.

Baca Juga

"Fitur ini layaknya personal assistant, jadi nanti store sedang ramai atau pramuniaganya tidak ada konsumen bisa menggunakan fitur ini untuk nyari produk yang dibutuhkan," kata Maria dalam konferensi pers di Sarinah, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, konsumen juga bisa memindai QR Code yang akan menuntunnya pada product knowledge interaktif lewat augmented reality, di mana akan hadir benda-benda virtual 3 dimensi dan virtual product knowledge untuk memberikan informasi produk. Tak kalah menarik, ada juga fitur Virtual Tour yang dibuat dengan tema tertentu di mana para konsumen akan dibawa berkeliling untuk mencari bahan-bahan yang diperlukan.

"Misalnya dengan mengaktifkan tour bernama 'nasi goreng', konsumen akan dibawa ke bagian bahan sehari-hari untuk mencari beras, lalu dibawa ke bagian kecap nusantara untuk mendapatkan kecap, dan dibawa ke bagian bumbu untuk mendapat bumbu-bumbu nasi goreng," jelas Maria.

Fitur lainnya yang hadir di Pasarina adalah Gamifikasi, yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan treasure hunt mirip perburuan harta karun. Ini juga memberikan proses belanja baru dalam dunia digital dengan aktivitas menarik lainnya lewat penggunaan virtual reality sehingga konsumen bisa menikmati pengalaman "belanja sambil bermain".

Semua fitur itu bisa dinikmati dengan mengakses aplikasi TRUST Live yang bisa diunduh di depan store Pasarina, Sarinah. Namun demikian, para konsumen harus sedikit bersabar karena semua fitur baru bisa dijajal paling cepat tanggal 1 Juli.

"Paling cepat tanggal 1 Juli, dan itu juga baru pengguna Android, untuk iPhone masih harus menunggu. Sekarang kami baru uji coba secara terbatas untuk tahu apa saja kurang-kurangnya dan dapat masukkan juga," kata Maria.

Meski mengadaptasi brand metaverse, namun Pasarina masih mempekerjakan beberapa pramuniaga di store. Menurut Maria, itu dilakukan untuk memberi pelayanan yang maksimal bagi pengunjung yang tak tertarik mengakses fitur digital.

Pasarina sendiri mengusung konsep 'Traditional Meet Modern', di mana produk lokal akan bersanding dengan produk impor pilihan. Beberapa contoh yang ditampilkan adalah aneka teh daun, kecap, bumbu, jamu dan banyak lagi. Coklat asal Kupang, NTT merupakan satu contoh distingtif bahwa belum banyak yang tahu Kupang menghasilkan coklat berkualitas dengan kemasan menarik.

Dengan ditampilkannya produk unggulan dari seluruh pelosok Indonesia, Pasarina mengajak masyarakat untuk mengenali produk sekaligus mengetahui lebih dalam tentang daerah asal produk.

"Apa saja yang ditawarkan di Pasarina dapat mengobati rasa kangen akan produk boga lokal bagi penduduk Jakarta yang merupakan melting pot dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk harga produk juga kompetitif," kata Maria.

 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA