Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Tayang Besok di Netflix, Money Heist: Korea Tampilkan Situasi Geopolitik 2 Negara

Kamis 23 Jun 2022 13:30 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Money Heist versi Korea akan tayang di Netflix mulai 24 Juni 2022.

Money Heist versi Korea akan tayang di Netflix mulai 24 Juni 2022.

Foto: Netflix.
Money Heist: Korea-Joint Economic Area tayang di Netflix mulai Jumat (24/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Money Heist: Korea-Joint Economic Area tersedia di Netflix mulai Jumat (24/6/2022). Sutradara serial asli Netflix tersebut, Kim Hong-sun, menjelaskan bahwa adaptasi Korea dari drama hit global itu memiliki cita rasa orisinal yang menggabungkan situasi geopolitik unik di Semenanjung Korea.

"Saya menonton film asli Spanyol pada 2018 dan saya terkesan dengan karakternya yang penuh warna dan alur cerita yang fantastis," kata Hong-sun, dilansir Yonhap, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga

Hong-sun menganggap intensitas dan kesegaran dari serial itu akan tetap ada, bahkan di waktu dan ruang berbeda. Karena itu, dia tertarik mengubahnya menjadi edisi Korea yang berlatar di Korea.

Money Heist: Korea-Joint Economy Area yang akan tayang dalam 12 episode didasarkan drama kriminal pencurian Spanyol dengan judul yang sama. Money Heist merupakan salah satu serial TV non-Inggris yang paling sukses di Netflix.

Musim kelima dari drama Spanyol yang penuh aksi itu menjadi acara TV non-Inggris kedua yang paling banyak ditonton dalam hal jam tayang setelah drama survival Korea No. 1 Squid Game (2021). Money Heist: Korea berlatar di Semenanjung Korea, di mana kedua Korea membentuk area ekonomi bersama (JEA) sebagai langkah pertama menuju unifikasi.

Sekelompok pencuri dari Selatan dan Utara menyalip di JEA dan polisi dari kedua Korea bergandengan tangan untuk menghentikan mereka. Hong-sun mengatakan ingin menggambarkan hubungan antar-Korea yang halus saat ini, dengan cara yang menarik bagi penonton global bersama dengan karakter fiksi yang menarik dari film asli Spanyol itu.

"Saya berharap orang-orang di seluruh dunia penasaran dengan cerita yang melibatkan Korea Selatan dan Utara," ujar Hong-sun yang mengarahkan serial thriller The Guest (2018) dan Voice (2017).

Hong-sun mengatakan ingin menampilkan situasi antar-Korea apa adanya saat ini, dengan memberikan beberapa saran yang penuh harapan untuk menghadapi situasi yang luar biasa. Penulis skenario Ryu Yong-jae juga mengatakan dia lebih fokus untuk menambahkan sesuatu yang sangat Korea ke dalam seri pencurian Spanyol untuk membuat "hidangan" lokal dari buatan Spanyol.

"Saya mencoba memasukkan sebanyak mungkin hal yang masuk akal, sehingga pemirsa dapat merasakan kejahatan antar-Korea dan proyek penumpasan seperti itu dapat terjadi dalam satu dekade," kata Ryu.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA