Kamis 23 Jun 2022 10:00 WIB

Fasilitas Makkah Road Jamaah Haji di Bandara Soekarno-Hatta Berjalan Sukses

Jamaah haji mendapat layana Makkah Road.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
 Fasilitas <em>Makkah Road</em> Jamaah Haji di Bandara Soekarno-Hatta Berjalan Sukses. Foto:   Kedatangan jamaah calon haji Indonesia Kloter JKG 1 yang mendarat pada pukul 13:30, di Gate Road makkah Bandara Prince Mohammad Abdulaziz International Airport, Madinah, Ahad (7/7). Ini merupakan kedatangan pertama dengan menggunakan layanan fasttrack, yang hanya membutuhkan waktu 15 menit dari turun pesawat sampai jamaah menaiki bus.
Foto: Darmawan/MCH
Fasilitas Makkah Road Jamaah Haji di Bandara Soekarno-Hatta Berjalan Sukses. Foto: Kedatangan jamaah calon haji Indonesia Kloter JKG 1 yang mendarat pada pukul 13:30, di Gate Road makkah Bandara Prince Mohammad Abdulaziz International Airport, Madinah, Ahad (7/7). Ini merupakan kedatangan pertama dengan menggunakan layanan fasttrack, yang hanya membutuhkan waktu 15 menit dari turun pesawat sampai jamaah menaiki bus.

IHRAM.CO.ID,JAKARTA — Bandara Soekarno-Hatta merupakan satu-satunya bandara di Indonesia dengan fasilitas Makkah Road yang merupakan inisiatif dari pemerintah Arab Saudi dan Indonesia. PT Angakasa Pura (AP) II (Persero) memastikan fasilitas tersebut berjalan sukses. 

“Fasilitas Makkah Road mempermudah proses keimigrasian jamaah haji asal Indonesia untuk masuk ke Arab Saudi,” kata Awaluddin, Rabu (22/6/2022). 

Baca Juga

Dengan fasilitas Makkah Road yang juga disebut dengan fast-track keimigrasian Arab Saudi, Awaluddin mengatakan jamaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat dengan pesawat menuju Tanah Suci. Hal tersebut mempermudah jamaah haji saat tiba di bandara Jeddah atau Madinah untuk dapat memasuki wilayah Arab Saudi.

“Di dalam mendukung inisiatif Makkah Road dapat berjalan dengan baik, AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2 termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jamaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat,” jelas Awaluddin. 

 

Fasilitas yang disiapkan AP II antara lain area Central Corridor Terminal 2 berkapasitas sekitar 900 hingga seribu orang sebagai tempat menunggu (area holding) para jamaah sebelum menuju ruangan lain. Area terebut dilengkapi 15 kounter imigrasi Arab Saudi memproses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi melalui skema Makkah Road. 

“Melalui 15 konter imigrasi Arab Saudi tersebut, diperkirakan setiap jamaah melakukan pre-clearance imigrasi dalam waktu 60 detik,” ujar Awaluddin. 

Di sekitar area tempat penerapan skema Makkah Road ini, AP II juga menyiapkan berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan untuk kebutuhan jamaah haji termasuk dua musholla. Sementara di area holding dan musholla di area boarding lounge.

“Penerapan inisiatif Makkah Road dengan baik di Bandara Soekarno-Hatta menjadi bagian dari pelayanan penerbangan haji kepada jamaah haji, dan kami berharap dapat menambah kenyamanan jamaah haji khususnya terkait proses keimigrasian Arab Saudi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement