Kamis 23 Jun 2022 08:11 WIB

PDIP Perbaiki Rekrutmen Calon Anggota Dewan

PDIP tengah memantapkan mekanisme pemenangan pemilu.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan tahun 2021, di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (22/6/2022).
Foto: istimewa
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDI Perjuangan tahun 2021, di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (22/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDIP mulai memantapkan mekanisme terkait pemenangan Pemilu 2024. Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Arif Wibowo mengatakan, salah satu elemen yang sudah disiapkan untuk menghadapi Pemilu 2024 adalah perekrutan sejumlah saksi.

"Kalau regu pemilih saksi sudah mulai rekrutmennya kurang lebih perintah partai tiga bulan yang lalu. Karena kita harus mencukupi satu kebutuhan personel untuk menjadi ujung tombak kita di setiap TPS yang total jumlahnya kurang lebih 3,5 juta saksi dan Guraklih (regu penggerak pemilih) dan itu semua anggota dan kader partai," kata Arif di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Rabu (22/6).

 

Arief menuturkan tahapan ini dimulai sejak awal untuk melatih para pelatihnya sampai akhir tahun. PDIP menargetkan  paling lambat akhir tahun harus selesai pada 12 gelombang. 

 

"Pelatihan itu ini sudah mau lima gelombang, tujuh gelombang lagi secara berturutan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota," ucapnya.

 

Selain itu Rakernas II PDIP juga membahas bagaimana memperbaiki rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR, DPRD dan DPD RI. Hal itu dilakukan sebagaimana perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

 

“Satu tentang calon anggota DPR, DPRD dan DPD RI. Yang kedua calon kepala daerah, sehingga jauh-jauh hari kita sudah menyiapkan satu mekanisme yang lebih baik ketimbang di masa lalu untuk rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR, DPRD, DPD dan kepala daerah kita supaya nanti hasilnya melahirkan bibit-bibit, wakil-wakil rakyat yang mumpuni, yang dipercaya rakyat, yang bisa melakukan tugas dan tanggung jawabnya kepada rakyat," paparnya.

 

Sejumlah tahapan rekrutmen yang akan diperbaiki diantaranya pelacakan terhadap rekam jejak. Kemudian mempertajam tes psikologinya serta memperdalam wawancara. Kemudian partai juga akan memperhatikan  popularitas dan elektabilitasnya. 

 

"Maka kita pasti akan membuat satu riset atau survei secara berkala, reguler untuk ngecek. Dan juga loyalitas, dedikasi, dan kesetiaannya kepada partai," ucap anggota Komisi II itu.

 

"Mekanismenya dipastikan di Rakernas ini,setelah disetujui di rakernas maka itulah yang akan kita tempuh dan kita jalankan," kata Arief menambahkan.

 

Menurutnya, mengingat pemilu 2024 serentak maka partai menyiapkannya jauh-jauh hari. Ia memastikan PDIP akan memperbaiki seluruh pengelolaan manajemen elektoral, yang bukan urusan mudah.

 

"Kalau kita prepare sejak awal, maka haqqul yaqin itu memudahkan kita di dalam kerja memenangkan elektoral di Pemilu 2024 dan Pilkada serentak 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement