Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Mantan Gelandang Bertahan Madrid dan City Umumkan Gantung Sepatu

Kamis 23 Jun 2022 10:08 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar

Javi Garcia

Javi Garcia

Foto: REUTERS/Stefan Wermuth
Garcia akan bergabung bersama tim pelatih Benfica pada musim depan.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Mantan gelandang bertahan Real Madrid, Javi Garcia, memutuskan untuk gantung sepatu dalam usia 35 tahun. Klub asal Portugal, Boavista, menjadi klub terakhir yang diperkuat pemain yang pernah membela Manchester City tersebut.

Kontrak Garcia bersama Boavista sebenarnya baru berakhir pada 2023 mendatang. Namun, setahun sebelum kontraknya usai, Garcia memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan Boavista dan memilih untuk menyudahi kiprahnya sebagai pesepakbola profesional.

Kabarnya, usai mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional, Garcia akan bergabung bersama tim pelatih Benfica pada musim depan. Mengawali karier profesional pada usia 17 tahun pada 2004 silam, Garcia diketahui telah tampil di 18 musim kompetisi dan total 514 pertandingan.

''Saya akan selalu berterima kasih kepada seluruh pelatih dan pemain yang pernah bekerjasama dengan saya. Begitu juga dengan klub-klub yang pernah saya bela dan timnas Spanyol. Terima kasih telah mewujudkan mimpi bocah dari Murcia,'' tulis Garcia di akun instagramnya seperti dilansir Record, Kamis (23/6).

Garcia merupakan jebolan akademi sepak bola Real Madrid. Tampil apik bersama Real Madrid Castilla, Garcia dipromosikan ke tim utama Los Blancos pada 2004 oleh pelatih Vanderlei Luxemburgo.

Sempat dilepas ke Osasuna pada 2007, Garcia kembali direkrut Los Blancos pada 2008 dengan mengaktifkan klausul buy back. Namun, dalam kesempatan kedua memperkuat Los Blancos, Garcia hanya bertahan selama satu musim.

Pada awal musim 2009/2010, Los Blancos melepas Garcia ke Benfica. Di klub yang bermarkas di Lisbon ini, Garcia mampu tampil impresif dengan mencatatkan 124 penampilan dan menyumbang 14 gol selama tiga musim.

Performa itu dilengkapi Garcia dengan torehan satu trofi Liga Portugal dan tiga gelar juara Taca de Liga. Performa itu menarik minat Manchester City, yang memboyongnya pada 2012.

Di The Citizens, Garcia berhasil mempersembahkan satu trofi Liga Primer Inggris dan satu gelar juara Piala Liga Inggris usai tampil di 80 laga di semua ajang selama dua musim.

Sempat merapat ke Zenit Saint Petersburg, Garcia akhirnya kembali ke La Liga pada awal musim 2017/2018 dan memperkuat Real Betis.

Setelah kontraknya berakhir bersama Betis, Garcia direkrut Boavista pada Agustus 2020 silam. Saat itu, Garcia diikat dengan durasi kontrak selama tiga tahun.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA