Kamis 23 Jun 2022 00:21 WIB

Distan Padang akan Pastikan Hewan Qurban Layak dan Sesuai Syariat

Kebutuhan hewan qurban diprediksi naik hingga 5 persen tahun ini.

Rep: Febrian Fachri / Red: Ilham Tirta
Pedagang mempersiapkan sapi di tenda penjualan hewan kurban (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pedagang mempersiapkan sapi di tenda penjualan hewan kurban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Dinas Pertanian Kota Padang membantu panitia qurban mencarikan sapi untuk kebutuhan Hari Raya Idul Adha. Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat mengatakan, pihaknya membantu mencarikan sapi qurban yang layak dan sesuai dengan syariat.

"Dekat hari penyembelihan, panitia qurban akan kesulitan, biasanya yang tersisa hanya sapi yang kurang bagus. Karena itu, kami tergerak hati melayani warga supaya mendapatkan daging halal," kata Syahrial, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga

Pemkot Padang memperkirakan kebutuhan hewan qurban di Padang tahun ini mengalami kenaikan dua sampai tiga persen. Peningkatan hewan qurban Idul Adha tahun 2022 ini disebabkan semakin membaiknya ekonomi masyarakat sehingga jumlah orang yang ikut berkurban mengalami peningkatan.

"Setiap tahunnya hewan qurban di Padang sekitar 7.000 ekor baik sapi, kerbau, kambing. Diperkirakan tahun ini mengalami kenaikan dua sampai lima persen," ujar Syahrial.

Syahrial menyebut, untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban tersebut, terdapat 21 ribu ekor sapi yang tersebar pada tujuh kecamatan. Sebanyak 10 ribu ekor di antaranya berkelamin jantan. Distan Padang akan melakukan pendataan sapi yang layak dijadikan hewan qurban nantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement