Kamis 23 Jun 2022 06:30 WIB

Boris Johnson Jalani Operasi Sinus, 4 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

PM Inggris Boris Johnson telah menjalani operasi sinus pada Senin (20/6/2022).

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meninggalkan 10 Downing Street untuk menghadiri sesi mingguan pertemuan untuk menjawab pertanyaan Parlemen di Gedung Parlemen, di London, Rabu, 25 Mei 2022. Johnson menjalani operasi sinus pada Senin, 20 Juni 2022.
Foto: AP/Matt Dunham
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meninggalkan 10 Downing Street untuk menghadiri sesi mingguan pertemuan untuk menjawab pertanyaan Parlemen di Gedung Parlemen, di London, Rabu, 25 Mei 2022. Johnson menjalani operasi sinus pada Senin, 20 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operasi sinus pada dasarnya merupakan prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki serangkaian masalah yang terjadi di area sinus. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson merupakan salah satu figur publik yang pernah menjalani prosedur ini.

Menurut juru bicara Johnson, Max Blain, operasi sinus tersebut berlangsung dalam waktu yang cukup singkat. Johnson berangkat dari rumahnya ke rumah sakit pada Senin (20/6/2022) pukul 06.00 pagi dan sudah kembali ke rumah pada jam 10.00 pagi. Johnson bahkan sudah bisa kembali beraktivitas dan menghadiri rapat di siang hari.

Baca Juga

"Operasinya berjalan lancar dan dia merasa senang kembali ke Nomor 10 (rumah dinas Johnson)," ungkap Blain, seperti dilansir Express, Kamis (22/6/2022).

Penyebab Johnson harus menjalani operasi sinus memang tidak diungkapkan. Tetapi, ada empat kondisi yang secara umum sering membutuhkan operasi sinus.

Sebagian dari kondisi tersebut adalah polip-polip hidung yang berkumpul dan membesar hingga menyebabkan pembengkakan pada lapisan hidung dan deviasi septum yang membuat aliran udara di satu sisi hidung berkurang.

Kondisi lain yang juga kerap membutuhkan operasi sinus adalah sinusitis atau peradangan lapisan sinus. Infeksi sinus berulang atau kronis juga sering kali diobati lewat operasi sinus.

Secara umum, pengobatan alergi dan antibiotik biasanya menjadi terapi pertama yang diberikan kepada pasien untuk meredakan masalah pada sinus. Operasi sinus umumnya diperlukan pada kasus-kasus yang berat untuk membuka jalur dan memperbaiki aliran udara di hidung.

Seperti diungkapkan Healthline, ada empat jenis operasi sinus yang utama. Berikut penjelasannya:

Functional endoscopic sinus surgery (FESS)

FESS merupakan opsi operasi sinus yang paling umum saat ini. FESS merupakan prosedur yang menggunakan endoskopi untuk melihat kondisi sinus sekaligus mengangkat jaringan atau tulang yang terdampak.

Balloon ostial dilation surgery

Operasi balloon ostial dilation (BOD) bisa menjadi alternatif dari FESS bagi orang-orang yang mengalami sinusitis akut berulang dan sinusitis kronis. Prosedur ini dilakukan dengan cara menempatkan guidewire pada ostium sinus dan mengarahkan ballon ke guidewire tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement