Rabu 22 Jun 2022 23:17 WIB

Pemprov Jatim Gelar Bakti Sosial Lintas Elemen di Sumenep

Semua kegiatan dipusatkan di Pantai Slopeng, Sumenep.

Pemprov Jatim Gelar Bakti Sosial Lintas Elemen di Sumenep (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Siswowidodo
Pemprov Jatim Gelar Bakti Sosial Lintas Elemen di Sumenep (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SUMENEP -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menggelar bakti sosial lintas elemen di Sumenep, Jawa Timur berupa penyaluran bantuan zakat produktif dan bedah rumah warga tidak mampu di wilayah itu.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa hadir secara langsung dalam kegiatan bertajuk 'Pelayaran Kebangsaan dan Bahari' yang diinisiasi Koarmada II TNI AL di Pantai Slopeng, Sumenep, Jawa Timur itu.

Baca Juga

"Atas nama cinta tanah air kami menjalin strong partnership. Atas nama cinta Indonesia kami saling tolong dan saling bantu. Kami juga melakukan bakti sosial yang diwujudkan dalam satu payung yakni Pelayaran Kebangsaan Bahari inisiasi Koarmada II Surabaya," ujar Khofifah, Rabu (22/6/2022).

Gotong royong lintas elemen ini dilakukan untuk memastikan bahwa kebutuhan layanan kesehatan dan gizi masyarakat di wilayah kepulauan di Jawa Timur terselenggara melalui berbagai jenis bakti sosial yang dilakukan.

Secara khusus, Gubernur Khofifah bersama Kaskoarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi turun langsung mengawal bakti sosial dengan berbagai program mulai khitanan massal, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, sosialisasi dan edukasi kesehatan, santunan anak yatim dan yatim piatu, bantuan tambahan gizi, pencegahan kasus kekerdilan, bantuan rumah tinggal layak huni, bantuan zakat produktif serta diskusi kebangsaan.

Semuanya dipusatkan di Pantai Slopeng, Sumenep. Ada banyak kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan ini. Bahkan secara khusus menggunakan KRI Makassar-590, Koarmada II mengandeng Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga Surabaya dan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hang Tuah untuk memberikan sosialisasi hingga pengobatan umum kepada masyarakat di Pantai Slopeng.

Kegiatan bakti sosial sekaligus pengabdian masyarakat ini meliputi khitan masal yang diikuti oleh lebih 100 anak peserta, donor darah, sosialisasi pencegahan dan penanganan kasus kekerdilan, serta pengobatan umum dan pemeriksaan gigi dan mulut yang diselenggarakan di beberapa puskesmas di Sumenep.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement