Rabu 22 Jun 2022 21:03 WIB

Kawasan Tekstil Cigondewah Jadi Kampung Kreatif

Kawasan tekstil Cigondewah resmi menjadi kampung kreatif wisata di Kota Bandung.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Bilal Ramadhan
Pekerja menjahit kain di industri tekstil rumahan. Kawasan tekstil Cigondewah resmi menjadi kampung kreatif wisata di Kota Bandung.
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Pekerja menjahit kain di industri tekstil rumahan. Kawasan tekstil Cigondewah resmi menjadi kampung kreatif wisata di Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pusat tekstil Cigondewah, atau dikenal sebagai Kawasan Tekstil Cigondewah (KTC) diresmikan sebagai salah satu Kampung Kreatif Wisata Kota Bandung, bersama empat kampung wisata kreatif lainnya yang sejauh ini berada di Braga, Cigadung, Binong Jati dan Cinambo.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana, yang hadir dan meresmikan langsung KTC sebagai Kampung Kreatif Wisata, mengatakan, pendeklarasian KTC sebagai kampung kreatif wisata diharapkan dapat menjadi pemacu pemberdayaan dan kemandirian masyarakat dalam mengembangkan potensi sumber daya tekstil di wilayah tersebut.

Baca Juga

Dia juga mengatakan akan memasukan KTC dadlam paket-paket wisata belanja Kota Bandung. “Intinya kita mendorong agar KTC ini dapat lebih berkembang dan lebih memberdayakan lagi perekonomian di sekitarnya,” kata Yana kepada awak media di KTC, Rabu (22/6/2022).

“Kami akan mendorong agar kawasan ini masuk dalam paket wisata, termasuk melalui kerja sama dengan Bandung Barat. Semoga nanti kami bisa bekerja sama juga dengan Kabupaten Bandung untuk pariwisata,” imbuhnya.

Yana juga menjanjikan akan memperbaiki dan mengembangkan sarana prasarana pusat tekstil yang telah berkembang sejak 1980an ini. Meski telah direlokasi pada 2007, namun kapasitas KTC masih terbilang kecil, terlebih jika merujuk pada lahan parkir dan jumlah pedagang di kawasan ini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement