Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Baznas Targetkan Himpun 8.100 Hewan Qurban

Rabu 22 Jun 2022 17:28 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun ini menargetkan dapat menghimpun 8.100 hewan kurban setara kambing. (ilustrasi)

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun ini menargetkan dapat menghimpun 8.100 hewan kurban setara kambing. (ilustrasi)

Foto: dok. BAZNAS
Baznas akan mendistribusikan daging qurban ke masyarakat dengan angka stunting tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) tahun ini menargetkan dapat menghimpun 8.100 hewan qurban setara kambing. Daging qurban akan didistribusikan ke daerah yang masyarakatnya membutuhkan daging qurban dan angka stuntingnya tinggi.

"Kami targetkan 8.100 hewan qurban setara kambing," kata Ketua Baznas, Profesor Noor Achmad kepada Republika usai silaturrahim pimpinan Baznas dan Republika di Jakarta, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga

Noor mengatakan, beberapa hal yang dilakukan Baznas yaitu menghubungi perusahaan mitra Baznas dan muzaki yang selama ini sudah loyal kepada Baznas. Baznas juga menawarkan berbagai macam aplikasi yang mudah dan bisa dijangkau serta dimengerti oleh calon-calon mudhohi yaitu orang yang berqurban.

"Kami berharap calon mudhohi atau calon yang akan memberikan qurban akan mudah mengenal Baznas dan mudah memberikan hqewan qurban kepada Baznas," ujarnya.

Kiai Noor menjelaskan bahwa Baznas telah menjalin kerjasama dengan balai-balai ternak Baznas, supaya mereka mempersiapkan diri menyambut Idul Adha atau Idul Qurban.

Ia menambahkan, balai-balai ternak Baznas hanya siap menyediakan 4.150 hewan qurban setara kambing. Maka kebutuhan hewan qurban akan dipenuhi oleh para peternak di sekitar balai ternak Baznas. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan penguatan kepada para peternak yang diberdayakan Baznas dan peternak yang ada di sekitar balai ternak.

"Ke depan kami harapkan (para peternak di kampung-kampung) bisa dijadikan mitra, syukur kalau mereka mau menjadi binaan Baznas," jelas Noor.

Baznas juga telah menentukan lokasi pendistribusian hewan dan daging qurban. Tentu hewan dan daging qurban akan didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan. Pendistribusian daging aurban juga dalam rangka mendukung program mengatasi stunting.

Noor mengatakan, Baznas akan mendistribusikan hewan hidup untuk kurban, daging hewan qurban, dan daging hewan qurban dalam kemasan kaleng semacam kornet. "Kami akan perbanyak daging dalam kemasan kaleng, sehingga bisa disalurkan setelah Idul Adha, meskipun penyembelihannya bisa dilakukan saat Idul Adha sampai hari tasyrik, tapi nanti distribusinya bisa setelah itu," kata Noor.

Baznas menyampaikan kebutuhan daging qurban dalam kemasan kaleng sangat banyak. Daging qurban akan didistribusikan ke daerah pesisir, terluar, dan terpencil. Baznas juga menjalin kerja sama dengan daerah perbatasan dan daerah yang angka stuntingnya tinggi.

Di tempat yang sama, Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtaji, mengatakan, Republika sebagai media komunitas Muslim sangat mendukung sekali program-program Baznas. Terlebih terkait dengan upaya membantu mustahik menjadi muzaki.

"Kita akan mendorong utamanya dari sisi kami, bagaimana memberikan literasi kepada umat, mengedukasi dan mensosialisasikan bahwa produk-produk mustahik utamanya binaan Baznas itu sangat bermutu dan layak," kata Nur Hasan.

Ia menyampaikan, Republika menilai perlu untuk membuat narasi terkait produk-produk usaha milik mustahik binaan Baznas yang bisa memberikan inspirasi bagi yang lain. Melalui pemberitaan di Republika, diharapkan publik menjadi tahu bahwa banyak hal bisa dilakukan bersama, dan banyak hal bisa dilakukan dengan cara saling membantu antar sesama umat.

"Intinya kami sangat mendukung sekali untuk membantu produk-produk mustahik yang selama ini dibina oleh Baznas," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA