Rabu 22 Jun 2022 11:52 WIB

Cacar Air Merebak di Inggris, Losion Calamine Langka

Orang tua di Inggris kesulitan mendapatkan losion calamine pereda gatal cacar air.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Cacar air (ilustrasi). Losion calamine digunakan untuk meredakan gatal ringan akibat cacar air.
Foto: www.wikimedia.com
Cacar air (ilustrasi). Losion calamine digunakan untuk meredakan gatal ringan akibat cacar air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pengguna Twitter menyarankan orang tua untuk membeli losion calamine di mana pun mereka bisa menemukannya. Mereka menduga akan ada wabah cacar air besar-besaran di masa mendatang, meski belum ada yang mengumumkannya secara resmi.

"FYI orang tua, saya menyarankan kalian menyimpan losion calamine di mana pun kalian bisa menemukannya. Tampaknya ada wabah cacar air besar-besaran dan produsen akan kekurangan losion calamine," tulis seorang pengguna Twitter.

Baca Juga

Stok calamine memang kosong mulai dari toko online, Tesco, Morrisons, Amazon, hingga Wilkos di Inggris. Meskipun demikian, Boots dan Asda masih menyediakan produk yang dipakai untuk meredakan gatal ringan akibat cacar air tersebut.

"Kami menghabiskan dua hari mencari calamine di berbagai apotek/supermarket," tulis pengguna lainnya, dikutip dari laman Express.co.uk, Rabu (22/6/2022).

"Kami menyadari produsen losion calamine saat ini mengalami kendala pasokan, namun itu bisa teratasi pada akhir Juni,” ujar Juru Bicara Department of Health and Social Care (DHSC).

DHSC memastikan, ada berbagai produk alternatif yang tersedia andaikan masyarakat membutuhkannya. Masyarakat perlu berbicara dengan apoteker atau meminta resep dari dokter.

"Kami memiliki prosedur yang mapan untuk menangani kekurangan dan penghentian produksi obat, dan bekerja dengan berbagai pemangku kepentingan, untuk memastikan bahwa risiko terhadap pasien diminimalkan ketika masalah itu muncul," katanya.

Cacar air memiliki beberapa gejala, yang paling umum ialah ruam yang gatal dan berbintik-bintik. Ruam ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja. National Health Service di INggris mengatakan bintik-bintik ini juga dapat:

• Menyebar atau tinggal di area kecil

• Menjadi merah, merah muda, lebih gelap, atau warna yang sama dengan kulit di sekitarnya

• Lebih sulit dilihat pada kulit cokelat dan hitam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement