Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Barcelona dan Umtiti Cari Titik Temu Soal Kemungkinan Transfer

Rabu 22 Jun 2022 11:50 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Bek FC Barcelona Samuel Umtiti

Bek FC Barcelona Samuel Umtiti

Foto: EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ
Barcelona harus membayar kompensasi apabila memutus kontrak Umtiti

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Samuel Umtiti dikabarkan siap meninggalkan Barcelona pada bursa transfer musim panas kali ini.

Tidak memiliki jaminan terkait menit bermain pada musim depan membuat bek tengah asal Prancis itu makin yakin untuk hijrah ke klub lain pada musim panas kali ini.

Berdasarkan lansiran Diario Sports, manajemen Barcelona pun siap memfasilitasi kepergian Umtiti tersebut. Kedua belah pihak dikabarkan tengah mencari titik temu soal skema kepindahan bek tengah berusia 28 tahun tersebut.

Opsi yang tersedia, mengakhiri sepenuhnya kontrak Umtiti atau melepasnya dengan status pinjaman ke klub lain. ''Barcelona harus membayar kompensasi apabila memutus kontrak Umtiti.”

“Sedangkan dalam skema peminjaman ke klub lain, Blaugrana kemungkinan besar harus membayar setidaknya separuh dari gaji Umtiti pada musim depan,'' tulis laporan Diario Sports, Rabu (22/6).

Kabarnya, Barcelona berharap situasi ini sudah bisa terselesaikan sebelum 4 Juli mendatang atau saat tim utama mulai mengawali periode pra-musim.

Alhasil, pada saat itu, tim utama Barcelona sudah diisi pemain-pemain yang benar-benar dibutuhkan pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, pada musim depan. Umtiti sebenarnya tidak kehabisan peminat.

Klub asal Turki disebut-sebut siap memboyong eks bek tengah Olimpique Lyon tersebut. Bahkan, klub tersebut dikabarkan rela membayar secara penuh gaji Umtiti.

Namun, pemain yang barus memperpanjang kontrak bersama Barcelona pada Januari silam itu dilaporkan memiliki pilihan lain, yaitu kembali ke Ligue 1 pada musim depan.

''Prioritas utama Umtiti adalah bergabung dengan mantan klubnya, Olimpique Lyon. Terlebih, Alexander Lacazette, yang merupakan mantan rekan setimnya, sudah dipastikan kembali memperkuat Les Gones usai dilepas Arsenal,'' lanjut laporan Sports tersebut.

Kendati begitu, Lyon masih memiliki keraguan soal peluang perekrutan Umtiti. Keraguan ini berpangkal soal kondisi Umtiti, yang rentan mengalami cedera. Selain Lyon, Nice juga disebut-sebut siap menampung Umtiti.

Namun, Nice berharap bisa mendatangkan Umtiti dengan status free transfer. Umtiti memang mengawali karier profesional di Lyon. Mulai menembus tim utama Lyon pada 2012, Umtiti diboyong Barcelona pada 2016 silam.

Tampil cukup menjanjikan di dua musim awal membela Blaugrana, performa Umtiti terus melorot dalam tiga musim terakhir lantaran kerap didera cedera.

Pada musim ini, Umtiti bahkan hanya merumput di satu laga di semua ajang lantaran mengalami cedera kaki. Begitu pula dengan kondisi kebugaran Umtiti, yang tidak pernah berada dalam kondisi maksimal, usai pulih dari cedera tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA