Wednesday, 12 Muharram 1444 / 10 August 2022

Ganjar Dinilai Dapat Menumbuhkan Solidaritas Bangsa

Rabu 22 Jun 2022 01:41 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan

Stiker bergambar Ganjar Pranowo yang ditempelkan relawan Orang Muda Ganjar (OMG)

Stiker bergambar Ganjar Pranowo yang ditempelkan relawan Orang Muda Ganjar (OMG)

Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
OMG Yogyakarta dukung Ganjar jadi Capres di Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dinilai sebagai figur yang ideal untuk menjadi presiden Indonesia ke depan. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diyakini merupakan pemimpin yang dapat membuat solidaritas bangsa.

"Bapak Ganjar sosok pemimpin yang bertipe solidarity maker, autentik dan kharismatik. Itulah sosok yang kita cari di bangsa ini," kata anggota Orang Muda Ganjar (OMG) Yogyakarta, Yusuf dalam keterangan.

Baca Juga

Yusuf memaknai solidarity maker sebagai sosok pemimpin yang mempunyai sikap serta kemampuan menggalang solidaritas dari berbagai macam latar belakang masyarakat untuk mencapai satu tujuan. Menurunya, Dalam konteks ini, mencapai tujuan Indonesia menjadi negara maju dan sejahtera sesuai dengan UUD 1945.

Dia juga menilai Ganjar sebagai sosok yang mencintai rakyatnya, cerdas dan berprestasi serta bersikap rendah hati. Dia berpendapat, Indonesia membutuhkan pemimpin dengan gagasan yang hebat untuk membawa Indonesia menjadi negara yang semakin hebat ke depan.

Hal tersebut dia ungkapkan saat ribuan orang yang tergabung dalam OMG Yogyakarta mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar untuk menjadi presiden Indonesia periode 2024-2029. Dalam kegiatan itu juga diadakan pentas seni Jathilan atau seni kuda kepang yang merupakan kesenian tradisional yang ada di Indonesia.

Yusuf mengungkapkan, di Desa Bantarjo seni Jathilan terakhir ditampilkan pada tahun 2002 atau sekitar 20 tahun yang lalu. Sehingga, Yusuf menyebut pentas seni ini merupakan bagian dari edukasi dan pelestarian kesenian tradisional di era modernisasi saat ini.

Ganjar juga menurut Yusuf merupakan pencinta budaya dan kesenian daerah yang ada di Indonesia. Menurutnya, tidak jarang Ganjar ikut menari dan serta pasti berkontribusi dalam pentas seni daerah di Indonesia.

Sebelumnya, kegiatan deklarasi ini diikuti oleh sekitar 1000 orang lebih dari perwakilan orang muda di lima kabupaten/kota Yogyakarta. Mereka berasal dari mahasiswa, pelajar dan pemuda Indonesia yang berada di DIY.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA