Rabu 22 Jun 2022 02:28 WIB

Anies Apresiasi IJTI Jakarta Raya Gelar Lomba Video Kreatif

Konten video salah satu sarana tepat untuk menularkan optimisme menghadapi pandemi.

Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan bersama pengurus IJTI Jakarta Raya seusai penyerahan penghargaan di lomba video kreatif di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2022).
Foto: Dok IJTI
Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan bersama pengurus IJTI Jakarta Raya seusai penyerahan penghargaan di lomba video kreatif di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivitas pariwisata di Provinsi DKI Jakarta kembali berdenyut normal seiring pelonggaran aktivitas masyarakat lantaran terkendalinya penyebaran Covid-19. Masyaralat pun semakin percaya diri berwisata karena melihat kesungguhan dan kepatuhan pengelola lokasi pariwisata menerapkan protokol kesehatan dan protokol CHSE (cleanliness, health, safety, and environment sustainability).

Kedisiplinan masyarakat menjaga protokol kesehatan (prokes) ikut membantu percepatan pemulihan kunjungan wisata. Gambaran seperti itu tersaji dari hasil karya Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022 yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jakarta Raya.

Mayoritas karya video yang dikirimkan peserta menampilkan optimisme kebangkitan pariwisata di Jakarta dari dampak pandemi Covid-19. Ketua Panitia Lomba Video Kreatif dan Anugerah Jurnalistik Tahun 2022, Ferdi Setiawan mengatakan, tujuan diselenggarakan lomba tersebut untuk menjaga semangat untuk berwisata di tengah pandemi.

Hal itu sekaligus mengingatkan kepada masyarakat bawah prokes harus tetap tegak dilaksanakan di lokasi wisata. Oleh karena itu, lomba mengusung tema 'Bangkit Wisata Jakarta' dengan tiga kategori peserta, yaitu pelajar SMA/SMK/MA, mahasiswa, dan jurnalis TV.

Ferdi yang menjabat ketua Bidang Konvergensi New Media IJTI Jakarta Raya berharap, kegiatan itu bisa diselenggarakan lagi pada tahun depan. "Besar harapan kami, lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik bisa menjadi agenda rutin tahunan dalam setiap rangkaian peringatan dan perayaan hari ulang tahun DKI Jakarta," ucap Ferdi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022).

Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi lomba video kreatif dan anugerah jurnalistik 2022 yang diinisiasi IJTI Jakarta Raya. Terlebih, sambung dia, kegiatan tersebut melibatkan pelajar dan mahasiswa.

"Jadi kami sangat berterima kasih sekali kepada teman-teman. Kami berharap ini nantinya bisa merangsang lebih banyak lagi video-video kreatif yang dimunculkan. Terima kasih telah memberikan kesempatan kepada pelajar dan mahasiswa untuk terlibat langsung," ujar Anies seusai penyerahan penghargaan.

Ketua IJTI Jakarta Raya Feby Budi Prasetyo menambahkan, jurnalis ikut bertanggung jawab dalam mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan prokes saat berwisata. Menurut dia, konten video merupakan salah satu sarana yang tepat untuk mengajak semua pihak dalam menularkan optimisme menghadapi pandemi.

"Sebab, pandemi belum berakhir, namun pariwisata harus bangkit dan bergerak kembali dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," ucap Feby.

Panitia lomba berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI, serta perusahaan swasta maupun badan usaha milik daerah (BUMD) Pemprov DKI, yang sekaligus bertuga sebagai juri. Panitia menerima 40 karya video kreatif dari peserta selama periode lomba pada 1 Februari-31 Mei 2022.

Pemenang kategori pelajar SMA/SMK/MA:

Juara 1 Hafizd Fadhlullah (SMAN 99 Jakarta)

juara 2 Fidava Khalaf Hasibuan (SMA Muhammadiyah 1 Jakarta)

Juara 3 Ericko Satria Pamungkas (MAN 12 Jakarta)

Pemenang kategori mahasiswa:

Juara 1 Bianca Sekar Salsabilah (Universitas BSI)

Juara 2 Mukhlis (STIU Al Hikmah)

Juara 3 Millenia Arifah (ST MKG)

Pemenang kategori jurnalis TV:

Juara 1 Christie Leonita (MNC News Channel)

Juara 2 Livia Ramadhanti (Metro TV)

Juara 3 Dimas Rahkasiswi Susanto (Metro TV)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement