Selasa 21 Jun 2022 20:45 WIB

Calhaj Parigi Mountong Dijadwalkan Masuk Kloter 3 dan 4

Sesuai jadwal JCH Parigi Moutong tidak tergabung dengan JCH Kalimantan Timur.

Jamaah haji memasuki sebuah bandara embarkasi haji. (ilustrasi)
Foto: Angkasa Pura
Jamaah haji memasuki sebuah bandara embarkasi haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Kementerian Agama Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menjadwalkan pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) reguler asal kabupaten itu masuk dalam kloter tiga dan empat.

"Sesuai jadwal JCH Parigi Moutong tidak tergabung dengan JCH Kalimantan Timur, dalam artian 77 orang plus satu orang pendamping tidak terpisah saat pemberangkatan nanti," kata Kepala Seksi Haji Kantor Kemenag Parigi Moutong Sudirman Tjora di Parigi, Selasa.

Baca Juga

Ia menjelaskan, kloter tiga dan empat tergabung dengan kabupaten lain di Sulteng saat pemberangkatan menuju Embarkasi Balikpapan hingga terbang ke Madinah.

Sehingga, proses distribusi logistik jamaah masuk maupun turun bagasi nanti lebih mudah diatur, karena JCH tergabung semuanya berasal dari Sulteng.

Dilaporkan, hingga kini tidak ada penambahan maupun pengurangan jumlah jamaah asal Parigi Moutong berdasarkan hasil sortir logistik dilakukan Kemenag setempat.

"Kami berharap JCH selalu menjaga kesehatan, menyiapkan fisik dan mental, serta terpenting memohon doa kepada Allah supaya dimudahkan perjalanan menuju Mekkah hingga nanti pulang ke tanah air," tutur Sudirman.

Menurutnya, mereka yang berkesempatan berangkat menunaikan rukun Islam kelima merupakan orang-orang pilihan Allah, meskipun pelaksanaan ibadah haji 2022 masih di berada masa pandemi COVID-19, namun hal itu tidak menyurutkan semangat jamaah.

Ia memaparkan, JCH Parigi Moutong dijadwalkan masuk asrama haji transit Palu Jumat (25/6), direncanakan keberangkatan menggunakan transportasi darat paling lambat Pukul 09.00 WITA, sebab masih ada serangkaian acara seremonial pelepasan oleh Kemenag dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Dijadwalkan, rombongan JCH kabupaten diterima di asrama haji transit Palu pada Pukul 13.00 WITA oleh panitia haji Kantor wilayah (Kanwil) Kemenag Sulteng. Meski begitu, pihaknya mengupayakan jamaah tiba lebih awal.

"Langkah ini dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan jamaah, karena masih ada serangkaian pemeriksaan PCR COVID-19," demikian Sudirman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement