Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jihan M

6 Kebiasaan yang Bikin Laptop Cepat Rusak dan Sering Diabaikan

Teknologi | Tuesday, 21 Jun 2022, 18:29 WIB

Perhatikan 6 kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak bisa menjadi aktivitas yang sering diabaikan pemilik. Pasalnya jika terus dilakukan, laptop bisa mudah panas hingga akhirnya mati total dan tidak bisa digunakan. Dalam mencegah hal tersebut terjadi, pemilik harus mengetahui beberapa kegiatan yang bisa membuat laptop cepat rusak.

Berikut adalah 6 Kebiasaan yang Bikin Laptop Cepat Rusak

Ada 6 kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak tetapi sering tidak disadari oleh pemilik. Jika kebiasaan itu terus terjadi bisa membuat laptop cepat rusak dan biaya untuk mengembalikannya membutuhkan pengeluaran yang banyak. Maka perhatikan beberapa kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak.

1. Menggunakan laptop pada alas yang tidak rata

Menggunakan laptop pada alas yang tidak rata seperti di kasur atau pangkuan bisa membuatnya cepat rusak. Hal itu karena sirkulasi udara pada laptop tertahan dan membuat mesin cepat rusak karena mudah panas.

Dalam menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengerjakan sesuatu dengan meletakkan laptop pada permukaan yang rata. Tujuannya agar sirkulasi udara panas yang dihasilkan oleh laptop bisa keluar dengan baik.

2. Meletakkan laptop didalam tas

Meletakkan laptop didalam tas dengan barang banyak bisa menjadi kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak dan sering dilakukan oleh pelajar atau mahasiswa. Jika laptop diletakkan pada tas yang memiliki banyak barang bisa membuat benturan. Jika benturan tersebut sering terjadi, bisa membuat layar laptop rusak karena barang yang menumpuk.

Cobalah untuk membawa laptop dengan hati-hati. Usahakan untuk membawa laptop dengan tas khusus agar mencegah benturan yang dilakukan oleh benda lain.

3. Meletakkan benda diatas laptop

Meletakkan benda diatas laptop bisa membuat layar cepat rusak. Biasanya, benda yang diletakkan diatas laptop seperti buku yang cukup berat untuk ditahan laptop. Jika hal itu terjadi bisa membuat layar rusak dan biaya untuk memperbaikinya mahal.

Cobalah untuk menata meja atau ruangan agar laptop memiliki tempat tersendiri yang aman dan jauh dari benda berbahaya. Hindarkan juga laptop dari benda cair agar mencegah laptop terkena air.

4. Menutup layar langsung setelah digunakan

Pada penggunaan ini bisa menjadi kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak dan sering dilakukan beberapa pemilik jika terburu-buru. Hal ini bisa membuat laptop cepat rusak karena suhu panas laptop belum turun.

Jika kebiasaan menutup layar langsung setelah laptop digunakan bisa membuat layar terkena suhu panas yang dihasilkan oleh keyboard. Jika semakin sering dilakukan, layar laptop akan terganggu. Cobalah untuk memberi jeda waktu agar suhu laptop menurun dan dingin.

source : pixabay

5. Kesalahan memasang charger laptop

Ternyata, memasang charger laptop juga harus diperhatikan agar tidak merusak mesin. Pastikan pasang dahulu charger ke stop kontak, setelah itu baru pasang ke laptop. Hal ini dilakukan untuk mencegah loncatan daya pada laptop yang membuatnya cepat rusak.

6. Mengisi daya laptop dengan frekuensi sering

Cobalah untuk mengetahui berapa persen daya yang dimiliki laptop sebelum melakukan pengisian. Sebab, jika masih cukup banyak dan dilakukan pengisian daya, laptop akan cepat rusak. Pastikan untuk menghindari pengisian baterai laptop diatas 30% atau melakukannya saat baterai kosong.

6 kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak tersebut di atas harus dihindari agar tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Jika butuh laptop bisnis terbaik, Anda bisa kepoin Asus Expertbook. Asus series yang fokus untuk laptop bisnis dengan spesifikasi lengkap untuk kebutuhan yang diinginkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image