Rabu 22 Jun 2022 14:52 WIB

Mengenal Vega, Bintang Biru Putih Segitiga Musim Panas

Vega adalah bintang paling terang kelima yang terlihat dari Bumi.

Rep: MGROL136/ Red: Dwi Murdaningsih
Bintang Vega
Foto: earth sky
Bintang Vega

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada malam bulan Juli, di arah timur ada bintang yang dikenal sebagai Segitiga Musim Panas. Sekelompok bintang ini serta terdiri dari tiga bintang: Vega, Deneb dan Altair. 

Setelah matahari terbenam, mereka adalah tiga bintang pertama yang menerangi sisi timur langit. Bahkan dari kota yang tercemar cahaya atau pada malam yang diterangi cahaya bulan, segitiga bintang ini masih bisa terlihat.

Baca Juga

Vega, bintang biru-putih di Segitiga Musim Panas, adalah yang paling terang dari tiga bintang tersebut. Pada malam Juli, Vega adalah bintang paling terang di langit timur. Vega  juga merupakan bintang paling terang di konstelasi Lyra the Harp. Alhasil, Alpha Lyrae adalah nama lain dari Vega.

Dilansir dari Earth Sky, Vega berjarak sekitar seperempat tahun cahaya. Banyak orang yang akrab dengan konstelasi Vega, Lyra. Segitiga bintang yang terhubung ke jajaran genjang muncul dalam pola bintang ini.

Cara Melihat Vega 

Vega pertama kali terlihat di belahan bumi utara pada malam hari sekitar bulan Mei. Vega bersinar kuat di timur di malam hari selama musim panas utara. Pada malam musim gugur di utara, ketinggiannya di atas kepala, dan pada malam Desember, Vega berada di barat laut.  

Lyra adalah konstelasi kecil dengan beberapa fitur unik. Epsilon Lyrae, yang dikenal oleh pengguna teleskop sebagai bintang ganda-ganda yang menonjol, dapat dilihat di dekat Vega. 

Setelah Sirius dan Arcturus, Vega adalah bintang paling terang kelima yang terlihat dari Bumi. Vega juga merupakan bintang paling terang ketiga yang mudah terlihat dari garis lintang tengah utara. 

Warna biru khas bintang menunjukkan suhu permukaan sekitar 17.000 derajat Fahrenheit (9.400 derajat Celcius), sekitar 7.000 derajat Fahrenheit (4.000 derajat Celcius) lebih panas dari matahari kita. 

Bintang ini memiliki diameter 2,5 kali diameter matahari dan massa di bawah matahari. Namun, karena tekanan dan suhu interior Vega secara signifikan lebih tinggi daripada matahari, Vega akan membakar bahan bakar internalnya lebih cepat. 

Vega hanya sepersepuluh usia matahari kita. Vega akan kehabisan bahan bakar dalam setengah miliar tahun. Vega berputar dengan cepat, menyelesaikan satu putaran penuh di sekitar porosnya setiap 12,5 jam. Disisi lain, matahari kita membutuhkan 27 hari untuk menyelesaikan satu rotasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement