Selasa 21 Jun 2022 23:10 WIB

Lebih dari 100 Warga Sipil Tewas dalam Serangan Pemberontak Mali

Serangan pemberontak bersenjata di Mali kembali merenggut lebih dari 100 warga sipil

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
Militer pemerintah Mali saat menggelar operasi penumpasan pemberontak.
Foto: AP Photo
Militer pemerintah Mali saat menggelar operasi penumpasan pemberontak.

REPUBLIKA.CO.ID, BAMAKO - Serangan oleh pemberontak bersenjata di Mali kembali merenggut lebih dari 100 warga sipil. Anggota kelompok bersenjata Katiba Macina menyerang setidaknya tiga desa di komune pedesaan Bankass, di wilayah Mopti tengah Mali, pada malam akhir pekan lalu.

Pemerintah pada Senin (20/6/2022) waktu setempat mengumumkan setidaknya 132 warga sipil telah tewas dan beberapa pelaku telah diidentifikasi. Warga sipil dibunuh dengan dingin oleh pejuang Macina Katiba dari Amadou Kouffa, sebuah organisasi yang berafiliasi dengan al-Qaeda.

Pembunuhan itu terjadi di Diallassagou dan dua desa terdekat, Diaweli dan Dessagou, Mali tengah, yang telah lama terperosok dalam ketidakamanan. "Penyelidik berada di tempat hari ini untuk mencari tahu persis apa yang terjadi," kata Wali Kota Bankass, Moulaye Guindo kepada kantor berita The Associated Press.

Mali dan wilayah Sahel tengah selama berbulan-bulan menghadapi serangkaian pembantaian sipil yang dituduhkan dilakukan oleh kelompok-kelompok bersenjata. Sejak 2012, negara ini diguncang oleh ketidakamanan ketikan kelompok yang terkait dengan al-Qaeda dan ISIS menyerang warga sipil.

Kekerasan yang dimulai di utara telah menyebar ke pusat dan ke negara tetangga Burkina Faso dan Niger. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di Mali tengah.

Selama beberapa minggu pemberontak di Mali tengah telah memblokir jalan antara kota utara Gao dan Mopti di Mali tengah. Misi penjaga perdamaian PBB di Mali mengeluarkan pernyataan tentang serangan tersebut di Twitter.

"Sangat prihatin dengan serangan terhadap warga sipil di wilayah Bandiagara (wilayah Mali tengah) yang dilakukan oleh kelompok-kelompok ekstremis. Serangan-serangan ini dilaporkan telah menyebabkan korban dan perpindahan penduduk," kata mereka.

Dalam insiden terpisah, seorang penjaga perdamaian PBB meninggal pada Ahad karena luka-luka yang diderita dari alat peledak rakitan. Kepala Misi PBB untuk Mali, El-Ghassim Wane, mengatakan bahwa sejak awal tahun 2022, beberapa serangan telah menewaskan pasukan penjaga perdamaian berseragam PBB.

Dia mengatakan bahwa serangan terhadap pasukan penjaga perdamaian dapat merupakan kejahatan perang di bawah hukum internasional dan menegaskan kembali komitmen misi untuk mendukung perdamaian dan keamanan di Mali.  Sejak awal tahun, beberapa ratus warga sipil tewas dalam serangan di Mali tengah dan utara. Serangan tersebut dipersalahkan pada pemberontak jihad serta tentara Mali.

Ini diungkapkan menurut sebuah laporan oleh divisi hak asasi manusia dari misi PBB di Mali, yang dikenal sebagai MINUSMA. Misi penjaga perdamaian PBB di Mali dimulai pada 2013, setelah Prancis memimpin intervensi militer untuk menggulingkan pemberontak ekstremis yang telah mengambil alih kota-kota besar dan kota-kota besar di Mali utara tahun sebelumnya. Misi tersebut sekarang memiliki sekitar 12 ribu tentara di Mali dan tambahan 2.000 polisi dan petugas lainnya. Lebih dari 270 penjaga perdamaian tewas di Mali, menjadikannya misi penjaga perdamaian paling mematikan di PBB.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement