Selasa 21 Jun 2022 14:44 WIB

Mana Lebih Baik, WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop?

Perbedaan utama WhatsApp web dan dekstop adalah format atau bentuk platform-nya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Whatsapp
Foto: Pixabay
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – WhatsApp merupakan layanan perpesanan instan terpopuler. Para pengembang terus melakukan pembaruan untuk memastikan pengguna tidak beralih ke aplikasi lain.

WhatsApp tidak hanya tersedia untuk aplikasi ponsel tetapi juga bisa diakses melalui komputer. Ada dua layanan WhatsApp yang dibuka melalui komputer, yaitu versi Web dan Desktop. Meskipun terlihat sama, ada perbedaan antara versi Web dan Desktop.

Baca Juga

Perbedaan antara WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop

Perbedaan utama adalah format atau bentuk platform-nya. WhatsApp Web adalah WhatsApp yang dibangun dengan format berbasis Web. Sedangkan WhatsApp Desktop memiliki format berdasarkan program aplikasi untuk komputer.

Perbedaan tersebut membuat cara mengakses kedua versi itu berbeda. Untuk versi Web dapat melalui browser lalu membuka situs https://web.whatsapp.com. Kemudian pengguna menautkan akun WhatsApp di ponsel ke halaman.

Di sisi lain, akses versi Desktop memerlukan pengunduhan aplikasi. Pengguna dapat mengunduh aplikasi melalui situs resmi WhatsApp. Sebelum mengunduh, pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan sistem operasi komputer. Jika unduhan berhasil, instal aplikasi WhatsApp Desktop sesuai petunjuk di komputer masing-masing.

Untuk mulai mengaksesnya, pengguna hanya perlu menautkan akun WhatsApp di ponsel ke aplikasi. Cara menautkannya pun sama seperti di WhatsApp Web.

Selain format, perbedaan lain yang terlihat adalah kemampuan untuk memperkecil halaman platform. WhatsApp Web yang diakses melalui browser tidak memiliki fitur Minimize. Sedangkan versi Desktop memiliki fitur Minimize.

Kemudian versi Desktop mendapat pembaruan yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dan telepon. Fitur tersebut tidak tersedia di versi Web.

Kesimpulan, pilih yang mana?

Dikutip VOI, Selasa (21/6/2022), berdasarkan uraian di atas, WhatsApp Desktop memiliki keunggulan dibandingkan WhatsApp Web. Yakni dengan fitur video call dan telepon. Namun, ini tidak serta merta menjadikan WhatsApp Desktop sebagai pilihan terbaik. Sebab, WhatsApp Desktop memiliki persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh komputer pengguna.

Platform WhatsApp Desktop hanya dapat digunakan pada perangkat komputer yang mampu menjalankan setidaknya sistem operasi versi Windows 8.1 dan yang lebih baru atau Mac OS 10.10 atau yang lebih baru. Jadi, jika komputer atau laptop Anda tidak memenuhi persyaratan minimum tersebut, disarankan untuk menggunakan WhatsApp Web.

Selain itu, komputer yang bisa menjalankan kedua sistem operasi itu memiliki kapasitas RAM minimal hingga 2GB. Jika pengguna tidak memenuhi standar, mereka tidak dapat menjalankan versi Desktop di perangkat mereka. Jadi, kesimpulan dari lebih baik mana antara versi Web dan Desktop? Jawabannya tergantung pada kemampuan dan kapasitas komputer pengguna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement