Selasa 21 Jun 2022 12:44 WIB

Gubernur Ganjar Harus Dukung Pembukaan Rute Laut Jakarta-Semarang

Jalur transportasi laut Jakarta-Semarang mendesak untuk dibuka

Penjaga Sipil berdiri di dekat kapal pesiar. (ilustrasi).
Foto: AP/Francisco Ubilla
Penjaga Sipil berdiri di dekat kapal pesiar. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Senator DPD RI Jawa Tengah Abdul Kholik berharap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons cepat rencana kementerian perhubungan membuka jalur transportasi laut Jakarta-Semarang. Hal ini diperlukan untuk mengatasi beban transportasi darat terutama di fase puncak hari libur atau arus mudik.

''Sebagaimana kita tahu setiap tahun problem kepadatan lalu lintas darat terutama melalui jalan raya dan jalan tol terus meningkat sangat signifikan. Risiko berkendara juga semakin tinggi karena jalanan sangat padat dan perilaku berkendera publik masih sering membahayakan keselamatan. Maka, dengan dibuka jalur laut Jakarta-Semarang beban jalan raya akan sedikit diurai,'' kata Abdul Kholik, di Jakarta, (21/2/2022).

Selain itu, lanjut Kholik, pembukaan jalur laut ini diintregasikan dengan pengembangan wisata bahari Jawa Tengah. Ini misalnya hingga wisata bahari pantai utara Jawa Tengah dan kepulauan Karimun Jawa.''Sekaligus juga jalur ini akan menjadi sarana bagi peningkatkan arus kelancaran disribusi logistik. Maka ini jelas sangat prospektif bagi pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah."

''Untuk itu kami harap Gubernur Ganjar segera menindaklanjuti dan berkolaborasi dengan kementrian perhubungan untuk mewujudkannya. Sebab, jalur ini juga menghidupkan pelabuhan-pelabuhan di Jawa Tengah. seperti Tegal, Batang, Kendal, dan Tanjung Mas. Dan juga pelabuhan Cirebon. Maka bila terwujud koneksi jalur itu akan berimplikasi kepada banyak sektor,'' ujarnya.

Menurut Kholik, selain jalur laut utara Jawa Tengah, maka perlu juga dikembangkan koneksi transportasi laut jaur selatan, mulai dari Jakarta ke Cilacap dengan menanfaatkan potensi pelabuhan Tanjung Intan. Apalagi di wilayah selatan Jawa Tengah itu akan berkembang dengan potensi agromaritim dan pariwisata yang potensial.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement