Selasa 21 Jun 2022 07:59 WIB

Survei Litbang Sin Po: Prabowo Elektabilitas Tertinggi, Berpeluang Dapatkan Tiket Pilpres

Ada dua variable penting yang bisa dijadikan patokan analisis jawaban.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh-tokoh politik nasional sejauh ini sudah menghasilkan beberapa peta koalisi. Diantaranya, koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Koalisi Semut Merah, terbaru, kunjungan Ketum PKB Muhaimin Iskandar ke Ketum Gerindra, Prabowo Subianto yang menghasilkan jargon koalisi 'Kebangkitan Indonesia Raya'. Disusul kemudian dengan Prabowo dikunjungi oleh Gibran Rakabuming dan diajak menunggang kuda.  

"Pertanyaannya, bagaimana sejatinya peta capres-capres yang berencana akan berlaga di pilpres 2024? Siapa yang paling memiliki peluang untuk mendapatkan tiket maju sebagai capres?" kata Kepala peneliti Litbang Sin Po Syahrial Mayus, di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Baca Juga

Untuk menjawab dua pertanyaan di atas, maka ada dua variable penting yang bisa dijadikan patokan analisis jawaban.

Variabel pertama, secara elektabilitas, menurut hasil survei Litbang Sin Po yang dilakukan dalam rentang waktu 20 Mei 2022 – 3 Juni 2022, nama Prabowo Subianto memiliki elektabilitas paling tinggi diantara capres-capres yang lain. Ketua Umum Partai Gerindra ini memiliki elektabilitas sebesar 28,1%. Di posisi tiga besar ini, diikuti Ganjar Pranowo sebesar 19,4% dan Anies Baswedan 14,7%. 

"Survei dilakukan dengan metode sampling: multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2,83% dengan tingkat kepercayaan 95,0%. Jumlah sample survei sebanyak 1.200 responden," kata dia.

Variabel kedua, jika dilihat dalam permutasi threshold capres 20% terhadap komposisi kursi parpol-parpol di DPR RI (jumlahnya 9 parpol), maka pasangan capres-cawapres yang bisa muncul berkontestasi  di pilpres 2024 maksimal ada empat pasang.

"Pertanyaannya, dari komposisi empat pasang yang bisa terjadi ini, siapa yang paling berpeluang untuk mendapatkan tiket capres dari sekian nama-nama capres yang sudah sering disebut? Saat ini, setidaknya ada 10 nama yang muncul di publik yang akan menjadi calon presiden, diantaranya, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies  R Baswedan, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga S Uno, Puan Maharani, Erick Tohir, Airlangga Hartarto dan Susi Pudjiastuti," kata dia.

Ia menjelaskan, dari 10 nama tersebut di atas, nama Prabowo Subianto memiliki peluang paling tinggi untuk bisa mendapatkan tiket capres. Itu karena, saat ini, Prabowo Subianto yang menjadi Ketua Umum Partai Gerindra, hanya membutuhkan satu saja teman koalisi parpol-parpol berkursi di DPR RI untuk bisa mendapatkan tiket capres, kecuali dengan PPP. Dengan pengalaman politik dan kemampuan Prabowo Subianto di kancah politik nasional, sepertinya pria yang saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan ini tidak akan terlalu kesulitan untuk mencari satu teman koalisi. 

"Dari analisis dua variable di atas, bisa disimpulkan bahwa sejatinya Prabowo Subianto saat ini menjadi capres yang paling memiliki peluang untuk mendapatkan tiket capres sekaligus berpeluang besar bisa memenangi kontestasi pilpres di pemilu 2024," ujar dia.

"Saat ini, Prabowo Subianto hanya perlu menunggu siapa yang akan menjadi kompetitornya di 2024 nanti," kata Syahrial menambahkan.

Dikutip dari Antara, sebelumnya Prabowo tampak sangat dekat dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Prabowo mengajak putra dari Presiden Joko Widodo itu berkuda di kediaman Prabowo di Bukit Hambalang, Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akhir pekan kemarin

Kedatangan Gibran pada hari Sabtu sekitar pukul 09.00 WIB disambut hangat oleh Prabowo.  Keduanya berjalan menuju arena kuda di Pedepokan Garuda Yaksa. Gibran tampak antusias karena diberi kesempatan untuk belajar berkuda bersama Prabowo. Prabowo pun terlihat senang karena dapat memberi arahan kepada Gibran tentang tata cara menaiki kuda. 

"Dahulu saya belajar menaiki kuda pada usia 52 tahun, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena berkuda adalah sunah Rasulullah Saw. bagi laki-laki muslim," kata Prabowo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement