Selasa 21 Jun 2022 07:50 WIB

Resep Nasi Tim Ayam Andalan Devina Hermawan untuk MPASI

Chef Devina Hermawan punya resep andalan untuk MPASI buah hatinya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Nasi tim ayam dapat menjadi menu MPASI yang mengguggah selera si kecil.
Foto: Republika/Santi Sopia
Nasi tim ayam dapat menjadi menu MPASI yang mengguggah selera si kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Memasak menu untuk si kecil, terutama saat pemberian makanan pendamping air susu ibu (MPASI), memerlukan penyesuaian tersendiri. Chef Devina Hermawan juga pernah merasakan momen di mana anak menolak masakan buatannya.

Devina juga terkadang bingung menentukan menu apalagi yang perlu dibuat agar anak lahap memakannya. Namun, ia punya resep andalan. 

Baca Juga

 "Tapi aku ada salah satu resep yang biasanya anak suka dan mudah dibuat," kata Devina dalam acara peluncuran produk Twistshake Food Processor dari Mothercare di Jakarta, Senin (20/6/2022).

Berikut resep nasi tim ayam yang pengolahannya dibuat menggunakan food processor. Bahan yang diperlukan ialah nasi matang, ayam cincang, jamur kancing, minyak wijen, kecap manis, kecap asin, bawang goreng, sayuran wortel, brokoli, dan tomat.

Siapkan bahan nasi matang, kombinasikan dengan protein. Ayam cincang bisa diganti atau dicampur dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi, udang dan lainnya.

“Kalau nasi menurutku tidak terlalu repot, kalau beras lebih lama prosesnya jalan pintas sepraktis mungkin,” kata Devina.

Cara membuat:

1. Campurkan daging cincang, jamur, minyak wijen, kecap manis, kecap asin, bawang goreng (bisa diganti bawang putih atau bawang bombai yang sudah ditumis). Aduk sampai merata. Aduk bersama sedikit gula dan garam selama 2-3 menit untuk membuat daging lebih lembut. 

2. Siapkan nasi matang di mangkuk terpisah, tambah kaldu supaya teksturnya lebih lembut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement