Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Terbukti Kemplang Pajak di Spanyol, Eto'o Jalani Hukuman Percobaan

Selasa 21 Jun 2022 07:40 WIB

Red: Muhammad Akbar

Striker Antalyaspor, Samuel Etoo

Striker Antalyaspor, Samuel Etoo

Foto: EPA/Mast Irham
Eto'o juga setuju untuk membayar denda 1,8 juta euro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan penyerang tim nasional Kamerun Samuel Eto'o dijatuhi hukuman percobaan 22 bulan kurungan oleh pengadilan Spanyol setelah mengakui bersalah atas kasus pengemplangan pajak senilai 3,8 juta euro (sekira Rp59,2 miliar) semasa membela Barcelona.

Eto'o juga setuju untuk membayar denda 1,8 juta euro (sekira Rp28 miliar) serta mengembalikan jumlah penuh pajak yang tak dibayarkan atas pendapatan hak citra medio 2006 hingga 2009.

"Saya mengakui fakta-fakta tersebut dan akan membayar apa yang seharusnya saya bayar," kata Eto'o di ruang sidang pengadilan di Barcelona pada Senin setempat seperti dilansir Reuters, Selasa (21/6) WIB.

"Tapi mohon dipahami bahwa saya hanyalah seorang bocah saat itu dan bahwa saya selalu melakukan apa yang mantan agen saya, Jose Maria Mesalles, yang saya anggap layaknya seorang ayah, minta saya lakukan saat itu," ujarnya menambahkan.

Mesalles juga dijatuhi hukuman percobaan satu tahun kurungan. Jaksa sebelumnya menuntut empat tahun dan enam bulan penjara baik untuk Eto'o maupun Mesalles.

Hukuman percobaan diberlakukan untuk Eto'o dan Mesalles karena keduanya tidak memiliki catatan kriminal dan karena masa kurungan di bawah dua tahun.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA