Selasa 21 Jun 2022 03:01 WIB

BPK Sebut Commitment Fee Formula E Jakarta Utang Rp 90 Miliar

Nilai Commitment Fee (FE) Formula E mencapai Rp 653 miliar.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nur Aini
Seorang pria berfoto dengan tanda
Foto: AP/Dita Alangkara
Seorang pria berfoto dengan tanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Jakarta Propertindo (Jakpro) masih harus membayar uang komitmen penyelenggaraan Formula E (FE) senilai Rp 90 miliar. Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI terhadap laporan keuangan Pemprov DKI 2021, nilai Commitment Fee (FE) Formula E mencapai Rp 653 miliar.

“Dan menyisakan kewajiban pembayaran senilai 5 juta Poundsterling (Rp 90 miliar)” kata Kepala Perwakilan BPK DKI Jakarta Dede Sukarjo dalam laporan yang dikutip pada Senin (20/6/2022).

Baca Juga

Dede menuturkan, renegosiasi antara Jakpro dengan FEO menghasilkan kesepakatan total commitment fee selama tiga tahun adalah 36 juta poundsterling (Rp 652,7 miliar). Renegosiasi dilakukan mengingat seri 2020 yang tak digelar karena pandemi Covid-19.

Akhirnya, menghasilkan keputusan yang semula biaya komitmen itu untuk sekali balapan menjadi tiga musim pada 2022-2024. Awalnya, jika tidak ada renegosiasi, Pemprov DKI diharuskan membayar dana Rp 2,3 triliun untuk seri selanjutnya di Jakarta.

Lanjutnya, beban yang dibayarkan Jakpro di muka senilai Rp 560 miliar itu merupakan kewajiban tahap satu dan dua pada 2019 dan tahap satu pada 2020. Hal itu dijelaskan dia, sesuai kontrak jangka panjang dalam City Host Agreement.

Namun demikian, setelah ada renegosiasi pun pembayaran yang baru dilakukan pihak penyelenggara adalah senilai 31 juta poundsterling atau Rp 560 miliar untuk pelaksanaan tiga tahun. Berdasarkan informasi, kekurangan bayar itu baru diketahui pihak BPK setelah adanya revisi studi kelayakan yang dilakukan oleh Jakpro.

Jakpro, kata Dede, berjanji akan membayar sisa kewajiban commitment fee itu tanpa menggunakan APBD DKI. “Jakpro akan membayar tanpa menggunakan APBD,” ujarnya.

Baca juga : Anggota DPRD Pertanyakan Soal Commitment Fee Formula E tak Sesuai

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement