Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Lady Evelyn Cobbold, Tokoh Mualaf Skotlandia yang Makamnya Sering Diziarahi Muslim

Selasa 28 Jun 2022 04:41 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Tokoh mualaf Skotlandia Lady Evelyn Cobbold menikahi suaminya John Cobbold di 1891. Tidak diketahui secara pasti kapan Lady Evelyn masuk Islam. Lady Evelyn Cobbold, Tokoh Mualaf Skotlandia yang Makamnya Sering Diziarahi Muslim

Foto:
Lady Evelyn melakukan haji ke Makkah pada usia 65 tahun.

Setelah tiga jam pendakian yang dingin dan basah, para peziarah beristirahat sejenak saat pemandu mereka Ismail Hewitt, yang mengenakan roknya, berjalan lebih jauh ke depan untuk mencari tempat peristirahatan Lady Evelyn. Rok terangkat saat dia melambai kembali dari kejauhan, menandakan lokasi  itu sudah terlihat, tidak jauh dari bukit. Kelompok itu berjalan ke sana sebelum berkumpul di sekitar batu nisan dengan berlutut.

Mereka masing-masing memberi hormat sebelum bergabung satu sama lain dalam doa. Ini adalah momen yang mengharukan dan beberapa dari kelompok itu meneteskan air mata.

Al-Toma mengakhiri upacara dengan membaca kutipan dari buku Lady Evelyn, merenungkan ziarah ke Makkah. "Apa yang telah berlangsung beberapa hari terakhir selain minat, keajaiban, dan keindahan yang tak ada habisnya? Bagi saya, dunia baru yang menakjubkan telah terungkap," katanya. 

Setelah perjalanan kembali ke jalan, para pelancong diundang ke masjid di Inverness untuk makan dan kesempatan merenungkan perjalanan yang telah mereka lakukan. Ridley mengatakan dia kelelahan karena berjalan-jalan, tetapi merasa bahwa doa-doa di dekat kuburan mengharukan secara spiritual.

Baca juga : 61,81 Persen Jamaah Haji Indonesia Miliki Resiko Kesehatan Tinggi

"Ada seekor rusa jantan yang muncul di bukit di atas kuburannya yang cukup simbolis dan bergerak," katanya.

"Ini adalah seorang wanita yang hatinya berada di Dataran Tinggi, tetapi juga sangat tenggelam dalam Islam," katanya. 

Al-Toma setuju Lady Evelyn adalah model bagaimana seorang mualaf masih bisa memegang identitas dan budaya mereka sendiri.

 

https://www.bbc.com/news/uk-scotland-highlands-islands-61759796

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA