Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Lady Evelyn Cobbold, Tokoh Mualaf Skotlandia yang Makamnya Sering Diziarahi Muslim

Selasa 28 Jun 2022 04:41 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Tokoh mualaf Skotlandia Lady Evelyn Cobbold menikahi suaminya John Cobbold di 1891. Tidak diketahui secara pasti kapan Lady Evelyn masuk Islam. Lady Evelyn Cobbold, Tokoh Mualaf Skotlandia yang Makamnya Sering Diziarahi Muslim

Foto:
Lady Evelyn melakukan haji ke Makkah pada usia 65 tahun.

Tidak diketahui secara pasti kapan dia masuk Islam, tetapi pertemuan kebetulan dengan Paus saat dia mengunjungi Roma justru menegaskan keyakinannya. "Ketika Yang Mulia tiba-tiba menyapa saya dengan menanyakan apakah saya seorang Katolik, saya terkejut sejenak lalu menjawab saya adalah seorang Muslim," katanya.

"Apa yang merasuki saya, saya tidak berpura-pura tahu karena saya tidak memikirkan Islam selama bertahun-tahun," tambahnya. 

Lady Evelyn mengambil nama Arab Zainab dan akhirnya melakukan haji ke Makkah pada usia 65 tahun. Salah satu mualaf Muslim yang memberi penghormatan kepada Lady Zainab adalah Yvonne Ridley, yang tinggal di Perbatasan Skotlandia.

Pengalamannya bekerja sebagai jurnalis di Afghanistan dan ditangkap oleh Taliban pada 2001 membuatnya memeluk Islam. "Pertobatan saya dipicu dalam banyak hal oleh penangkapan dan penahanan saya di tangan Taliban. Pengalaman itu membuat saya berada di jalur yang dimulai sebagai latihan akademis tetapi membawa saya pada perjalanan spiritual," katanya.

Dalam bukunya, In the Hands of the Taliban, Ridley mengatakan dia kagum dengan rasa hormat dan sopan santun yang ditunjukkan orang-orang Taliban kepadanya. Selama penahanannya, dia berjanji belajar Alquran dan melakukannya setelah dia dibebaskan. Ridley mengetahui tentang Lady Evelyn dari Al-Toma saat mereka berada di Turki.

"Saya mulai membaca lebih banyak tentang wanita Skotlandia yang luar biasa ini, jadi Batool dan saya memutuskan kami akan mengajak sekelompok mualaf dan keluar dan berziarah ke kuburannya," katanya.

Baca juga : Doa Melihat Kabah yang Selalu Membuat Haru Jamaah Haji atau Umroh

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA